Aktivis Lingkungan Hidup : Apa Syarat Penghargaan API Kepada Pemkab Jayapura

0
357
PARA AKTIVIS SAAT MELAKUKAN AKSI PENGHIJAUAN KAWASAN DANAU LOVE

Paraparatv.id | Sentani | Lembaga Swadaya Masyarakat, Lingkungan Hidup, Bumi Papua Hijau Sejati, (LSM-LH-BPHS) Provinsi Papua,  Pertanyakan Syarat Penghargaan Anugrah Pesona Indonesia (API) yang diberikan Kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura. Hal itu dikatakan Ketua LSM-LH-BPHS Provinsi Papua, Yonas Kallem, Selasa,  26 November 2019.

Menurut Kallem, penghargaan yang diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayanto dalam acara malam Anugerah Pesona Indonesia 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat 22 November lalu, tidak mendasar dan cenderung mengejar penghargaan.

“Kami mempertanyakan dasar penghargaan yang diberikan oleh API, karena kami yang aktivis penghijauan dan kebersihan kawasan danau love tidak perna melihat prestasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk daerah ini,”ungkap Kallem.

Kallem mengatakan, Kawasan wisata danau love dengan destinasi alam yang terbentuk dengan sendirinya tidak tersentuh oleh Pemerintah kabupaten Jayapura, sehingga dirinya menganggap penghargaan itu tidak pantas diberikan kepada Pemerintah Daerah dan seharus diberikan kepada masyarakat setempat yang di swakelola oleh masyarakat adat setempat.

“Penghargaan API seharusnya diberikan kepada masyarakat adat setempat dimana kawasan danau love dikelolah secara mandiri,”ungkap Kallem.

Ditegaskan, Lembaga yang dipimpinnya baru saja melakukan aksi penanaman 100 pohon dikawasan  danau love (emfote) karena diketahui kawasan tersebut perlu dikelola dengan baik karena rentan dengan kebakaran, sehingga perlu perhatian setiap pengunjung terutama pemerintah Daerah untuk menjaga kawasan tersebut tidak terbakar akibat ulah pengunjung, serta tidak meninggakan jejak sampah.

“Mustahil,  jika Penghargaan API itu diberikan kepada Pemda, kalau menjaga dan melestarikan kawasan ini tidak dilakukan, apa dasarnya ?,“tegas Kallem.

Penghargaan Anugrah Pesona Indonesia (API) kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, merupakan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan tim penilai API 2019 atas perhatian dan apresiasinya kepada pengembangan pariwisata di Kabupaten Jayapura. (Paraparatv.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here