Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Advetorial

PLN Kembangkan Desa Berdaya Kampung Kwadeware Jadi Kampung Ekonomi Kreatif

568
×

PLN Kembangkan Desa Berdaya Kampung Kwadeware Jadi Kampung Ekonomi Kreatif

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Setelah berhasil membangun Wajah Indonesia Baru (Waibu) Agro Edu Tourism di Kampung Kwadeware, Kabupaten Sentani, Provinsi Papua pada tahun 2023 lalu, kini PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) mengembangkan Kampung Kwadeware menjadi Kampung Ekonomi Kreatif yang mandiri dan berkelanjutan.

Pengembangan Kampung Kwadeware menjadi Kampung Ekonomi Kreatif merupakan inisiasi dari lanjutan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Desa Berdaya Taman Inspirasi Waibu. Nantinya akan ada tiga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yakni UMKM Virgin Coconut Oil Yarra Blessing, UMKM Keripik dan Abon Watta, serta UMKM Tas Anyaman Noken Yokiwa, yang dibina mulai dari permodalan, perizinan, pemasaran, dan pelatihan.

Dalam sambutannya, Manager Perizinan dan Komunikasi PLN UIP MPA, Amir Alatas menyampaikan pengembangan Desa Berdaya Taman Inspirasi Waibu ini merupakan hasil evaluasi dan pemantauan terhadap potensi yang ada di Kampung Kwadeware.

“Bantuan yang PLN berikan hari ini, merupakan bentuk pengembangan dari Desa Berdaya Taman Inspirasi Waibu yang sudah berjalan setahun ini. Nantinya akan ada tiga UMKM yang dibina berdasarkan hasil pemantauan yang kita lakukan bersama Komunitas Kitorang,” ucapnya.

Harapannya, melalui bantuan ini dapat memajukan dan membawa nama baik Kampung Kwadeware, serta bisa menjadi pendapatan masyarakat dan peluang kerja untuk warga lokal.

Kepala Kampung Kwadeware, Markus Tungkoye mengucapkan terima kasih kepada PLN dan rasa bangga karena Kampung Kwadeware menjadi Desa Binaan PLN.

“Mewakili masyarakat Kampung Kwadeware, terima kasih saya sampaikan kepada PLN atas bantuan yang diberikan. Kami membuka pintu yang seluas-luasnya untuk PLN, kami optimis kami bisa berkolaborasi bersama PLN,” ucap Markus.

Selanjutnya, Koordinator Komunitas Kitorang, Efraim Alexander Ramandey menjelaskan Program Pengembangan Desa Berdaya Taman Inspirasi Waibu terdiri dari dua program yakni lanjutan Program Pengembangan Waibu Agro Edu Tourism dan Program Pembentukan UMKM Kampung Kwadeware.

“Sebagai fasilitator, nantinya UMKM akan dibina mulai dari permodalan, perizinan PIRT, NIB, pemasaran serta pelatihan untuk pelaku UMKM Kampung Kwadeware,” ungkap Efraim.

Sementara itu, General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi mengatakan Program Desa Berdaya di Kampung Kwadeware merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

“Sebagai program unggulan PLN, harapannya Desa Berdaya di Kampung Kwadeware dapat terus berkembang agar terus berkontribusi memberikan manfaat bagi masyarakat di Kampung Kwadeware,” ucap Wisnu.

Dengan inisiatif ini, Kampung Kwadeware tidak hanya berubah menjadi Kampung Ekonomi Kreatif, tetapi juga menjadi simbol kebangkitan dan kemandirian ekonomi masyarakat Papua.(Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *