Example floating
Example floating
BERITAPolitik

FX Mote Optimis Maju Pilkada 2024 di Waropen

468
×

FX Mote Optimis Maju Pilkada 2024 di Waropen

Sebarkan artikel ini
Bakal Calon Bupati Kabupaten Waropen, Drs. Fransiskus Xaverius Mote saat di wawancara usia mengikuti fit and proper test di DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Senin (3/6)
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Drs Fransiskus Xaverius Mote atau yang akrab disapa FX Mote memutuskan maju menjadi Bakal Calon Bupati Waropen Pada Pilkada Serentak 2024.

Mantan Pj Bupari Waropen ini mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai bakal valon Bupati Bupati Waropen di DPD Partai Demokrat Provinsi Papua pada, Senin (3/6).

Bahkan, Fix Mote juga sudah mendaftar ke sejumlah partai politik untuk ikut konstentasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

Fix Mote yang juga sebagai mantan Karo Humas Setda Papua ini menyatakan ingin kembali untuk membangun Negeri Seribu Bakau, julukan dari Kabupaten Waropen itu.

Diakui, dalam fit and proper test, panelis DPD Partai Demokrat menanyakan soal motivasinya ikut mencalonkan diri di Kabupaten Waropen, FX Mote pun menjelaskan, saya sebagai warga negara Indonesia mempunyai hak memilih dan dipilih.

“Dan saya gunakan itu dengan baik. Sebab, setiap warga negara berhak untuk maju bupati dimana saja, termasuk di Waropen,” kata FX Mote kepada awak media, usai mengikuti fit and proper test di DPD Partai Denokrat Papua.

Apalagi, lanjut FX Mote, Papua ini sebagai penyelenggara Otonomi Khusus (Otsus) yang masih diatur itu keaslian Orang Papua.

“Saya ini orang asli Papua, dan saya pun berhak dicalonkan dimanapun di Tanah Papua. Bahkan, saya bisa maju di luar Papua, sepanjang masyarakat memilih saya,”ucapnya

Selain itu, FX Mote juga mengaku siap dalam kapasitas dan kapabilitasnya untuk maju sebagai bakal calon Bupati Waropen periode 2024 – 2029, baik sebagai mantan seorang birokrat dan politisi,“Saya siap membangun Waropen menjadi contoh di Tanah Papua,” tegasnya

Apalagi ungkap FX Mote, dirinya telah diangkat oleh masyarakat adat di Kabupaten Waropen sebagai anak angkat pada tahun 2023 dalam sebuah budaya adat masyarakat Waropen.

“Pertanyaan ini muncul juga di Partai Hanura, Gerindra dan PDI Perjuangan, apa motivasi anda maju di Waropen padahal saya dari orang Meepago. Saya katakan di dalam Pilbup ini, kita masih memakai undang-undang yang lama, tidak harus orang Papua tapi orang mana saja boleh, beda dengan Pilgub, harus diuji keaslian Orang Papua baik calon gubernur maupun wakil gubernur,”ungkapnya

FX Mote menegaskan, orang asli Papua dari mana saja boleh, tidak dibatasi oleh pemerintah atau adat istiadat. Apalagi kalau dia punya potensi dan didukung dari rakyat, itu boleh lah,”Orang Jayapura boleh nyalon di Merauke, begitupun sebaliknya dan itu bebas kalau dia orang asli Papua. Jadi, kita jangan salah menafsirkan keaslian orang Papua ini,” jelasnya.

Apalagi, ketika FX Mote menjabat Pj Bupati Waropen dianggap berhasil, sehingga masyarakat memintanya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Waropen periode 2024 – 2029.

Pada kesempatan itu, FX Mote juga membeberkan, saat dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Waropen, ia melakukan penataan birokrasi, dimana APBD Kabupaten Waropen mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai Rp 1,147 triliun.

“Kenaikan APBD ini membuat pegawai dan rakyat sejahtera. Hari ini saya mau itu menjadi program unggulan, karena visi saya ingin menjadikan Waropen Sejahtera. Jadi, FX Mote kembali untuk Waropen Sejahtera,” tandasnya.

Sebab, kata FX Mote, jika hak dan kewajiban berjalan baik, ia percaya akan sejahtera. “Waktu itu pegawai rajin lho, karena insentif naik, seperti ULP naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu bagi ASN. Mereka menikmati itu,” ungkapnya.

Tak hanya itu, saat menjadi Pj Bupati Waropen, FX Mote juga memberikan bantuan untuk semua dedominasi gereja hampir Rp 1 miliar untuk menyelesaikan pembangunan rumah ibadah itu.

“GKI dapat Rp 1 miliar, GPdI Rp 1 miliar, Advent Rp 1 miliar. Jadi, ada beberapa dedominasi gereja saya bantu, termasuk teman-teman dari muslim terutama pembangunan masjid untuk meringankan mereka,” tuturnya.

Bahkan, FX Mote juga memprogramkan 1000 unit motor untuk para pegawai agar mereka lebih aktif ke kantor. Sebab, di Waropen belum ada angkutan umum seperti di Kota Jayapura.

“Jadi, ASN ini pergi ke kantor dengan jalan kaki atau menumpang temannya. Otomatis saya programkan pengadaan 1000 motor untuk memudahkan para ASN untuk bekerja. Selain itu, juga motor laut,” ucapnya.

FX Mote pun memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di Waropen, salah satunya SMA YPK Efata waktu itu, namun oleh Sinode GKI di Tanah Papua merubah nama itu menjadi SMA YPK Fransiscus Xaverius Mote, dimana sampai hari ini telah menamatkan 187 orang.

“Anak-anak yang lulus ini punya orang tua, saya yakin keluarga pasti mendukung saya untuk menjadi Bupati di Waropen,” ucapnya.

Sekedar diketahui, sebagai bakal calon Bupati Waropen, FX Mote telah mendaftar ke sejumlah partai politik, diantaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN dan Partai Demokrat.

Oleh karena itu, FX Mote mengaku optimis akan didukung sejumlah partai politik untuk maju di Pilbup Waropen dengan melihat kinerjanya saat menjadi Pj Bupati Waropen,“Bahkan saya pun telah diberi rekomendasi dari Partai Golkar 3 kursi, begitu juga Partai Hanura yang telah memberikan kepada saya termasuk PAN dan Partai Demokrat. Juga Partai Gelora dan lainnya,” tutupnya. (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *