Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAEkonomi

Tim Ekpedisi Rupiah Berdaulat Papua, akan Sambangi Pulau 3T di Perairan Utara Papua

1012
×

Tim Ekpedisi Rupiah Berdaulat Papua, akan Sambangi Pulau 3T di Perairan Utara Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali menggelar Ekpedisi Rupiah Berdaulat (ERB) di Papua yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-19 Mei 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Faturachman mengatakan Bank Indonesia akan menyambangi pulau terluar Papua.Dengan menggunakan Kapal Perang KRI Mata Bongsang – 873,

“tim kami ERB Papua akan menyambangi dan melakukan kegiatan kas keliling di 5 wilayah Provinsi Papua yang termasuk dalam kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), yaitu Pulau Pai, Pulau Owi, Pulau Yapen, Pulau Numfor, dan Pulau Bras. Pulau tersebut berada di perairan utara Pulau Papua,”ujarnya

Lanjutnya,Upacara pelepasan ERB direncanakan pada tanggal 13 Mei 2024 di Satrol Lantamal X Jayapura. Komandan Lantamal X Jayapura, Pj. Gubernur Provinsi Papua, serta Perwakilan dari Mabesal dan Bank Indonesia Kantor Pusat akan hadir dalam seremoni pelepasan untuk pelayaran selama 1 pekan.

Selain kegiatan kas keliling, rangkaian kegiatan ERB Papua tahun 2024 juga turut mencakup kegiatan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan penyaluran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat dan sekolah di pulau-pulau tersebut.

“Sebagai wujud dedikasi Bank Indonesia untuk negeri, PSBI akan diberikan dalam bentuk sembako dan peralatan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar seperti tas, alat tulis, laptop/komputer, printer, dan proyektor dengan total senilai kurang lebih Rp500 juta,”jelasnya

Kemudian, tim ERB tahun 2024 merupakan program rutin dari Bank Indonesia sesuai amanat UU No.7 tahun 2011 tentang Mata Uang untuk melakukan pengelolaan uang Rupiah. Dalam pengelolaan uang Rupiah yang di dalamnya termasuk pengedaran uang, Bank Indonesia memiliki misi untuk menyediakan uang Rupiah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam jumlah yang cukup, dengan jenis pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat serta dalam kondisi berkualitas dan layak edar.

Pelaksanaan amanat UU dan misi tersebut bukanlah tugas yang mudah mengingat kondisi geografis NKRI sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Untuk menjangkau pulau-pulau di wilayah 3T, BI bekerja sama dengan TNI AL yang memiliki armada dan kegiatan operasi memadai sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI. Sinergi strategis antara BI dan TNI AL tersebut telah terjalin sejak tahun 2012 dan hingga tahun 2023 telah dilaksanakan 114 kali kegiatan kas keliling 3T di 590 pulau.

“Pada tahun 2024 ini, kegiatan kas keliling 3T akan diselenggarakan di 18 Provinsi dengan cakupan target sebanyak 90 pulau,”terangnya

Faturachman menyampaikan pihaknya sebelum kegiatan ERB Papua tahun 2024 ini, minggu lalu Bank Indonesia Papua telah melaksanakan kas keliling luar kota sebanyak 3 kali untuk menyerap Uang Tidak Layak Edar (UTLE) di masyarakat dan perbankan.

“Kegiatan kas keliling di Kab. Mappi telah terlaksana pada tanggal 22-25 April 2024. Sementara itu, kegiatan kas keliling di Kab. Asmat telah terlaksana pada tanggal 29 April – 2 Mei 2024 dan Kabupaten Memberamo Raya pada tanggal 6-9 Mei 2024,” tutupnya (Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *