Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

YS, Caleg Perindo Penuhi Panggilan Klarifikasi Bawaslu

111
×

YS, Caleg Perindo Penuhi Panggilan Klarifikasi Bawaslu

Sebarkan artikel ini
Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura. Foto : Ari Bagus Poernomo
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| Calon Anggota Legislatif DPR Papua Dapil III Kabupaten Jayapura dari Partai Perindo berinisial YS mendatangi Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura, Jumat (05/04).

Siang itu, di kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura sedang berlangsung demo yang digelar oleh Aliansi Sentani Bersatu Sejahtera (ASBS).

Saat demo berlangsung Caleg dari Partai Perindo berinisial YS ini tengah duduk di depan ruang Sidang Bawaslu Kabupaten Jayapura.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias Rumbewas saat dikonfirmasi terkait dengan kehadiran YS di kantornya itu mengatakan bahwa yang bersangkutan hadir untuk memberikan klarifikasi atas laporan yang disampaikan kepada lembaga Pengawasan Pemilu itu.

“Untuk klarifikasi” singkat Rumbewas.

Disinggung mengenai proses laporan yang disampaikan oleh YS kepada lembaga tersebut, Ketua Bawaslu enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya, simpatisan dari Caleg DPR Papua berinisial YS ini mendatangi Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura melaporkan adanya penggelembungan suara dari Caleg Partai Perindo lainnya berinisial JS pada tanggal 14 Maret 2024 lalu.

Dari data yang berhasil dihimpun paraparatv.id, laporan penggelembungan suara yang dialamatkan ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura itu terjadi di Distrik Sentani, Sentani Timur dan Waibu.

Dari data tersebut, simpatisan YS menemukan adanya perbedaan antara C1 hasil dan D1 hasil dari Caleg Partai Perindo lainnya berinisial JS.

Berdasarkan dokumen C Hasil yang dilaporkan oleh simpatisan YS, caleg nomor urut 2 berinisial JS dari Partai Perindo meraih suara 984. Namun suara itu berubah drastis di dokumen D1 Hasil sebanyak 5.931 suara, sehingga ada selisih 4.947 suara yang diduga digelembungkan. (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *