Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAEkonomi

BI Papua Bukukan 1,1 Juta Transaksi QRISPada Maret 2024

425
×

BI Papua Bukukan 1,1 Juta Transaksi QRISPada Maret 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Sinergitas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua (KPw BI Papua) bersama pemerintah daerah, perbankan, tokoh agama, dan kalangan dunia usaha terus mengakselerasi perluasan QRIS di Tanah Papua.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Faturachman melalui keterangan tertulisnya, menyampaikan sinergitas tersebut sejak bulan Maret 2024 telah membukukan transaksi QRIS sebanyak lebih dari 1,1 juta transaksi.

Di katakan, terjadi lonjakan volume transaksi QRIS didorong oleh meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap metode pembayaran digital, dan momen Ramadan serta penyelenggaraan event besar di kota Jayapura.

“Akselerasi ekonomi dan keuangan digital semakin terasa di Papua. Hal ini terlihat dari kenaikan volume transaksi QRIS pada Maret 2024 yang tercatat sebanyak 1,1 juta transaksi QRIS, meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya sekitar 690 ribu transaksi,”ujarnya

Untuk itu, Faturachman menjelaskan peningkatan transaksi QRIS di Papua pada Maret 2024 selaras dengan berbagai kegiatan dan sinergitas yang dilakukan oleh KPw BI Papua dalam rangka mendorong penggunaan QRIS,seperti launching zona QRIS pada Irian Creative Week (ICW) yang telah terselenggara pada 8-10 Maret 2024,sosialisasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain: tokoh agama, rumah ibadah, pesantren, asosiasi pedagang ritel (APRINDO), dan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah. Selain itu, aktivitas ekonomi masyarakat selama bulan Ramadhan juga turut menyumbang peningkatan terhadap transaksi digital, khususnya QRIS.

Lanjutnya, di sisi lain, nominal transaksi dengan menggunakan QRIS juga mengalami peningkatan menjadi sebesarRp181 miliar pada Maret 2024, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang tercatat sekitar Rp110 miliar.

“Peningkatan transaksi menggunakan QRIS didukung oleh jumlah merchant yang telah menyediakan pembayaran menggunakan QRIS di Papua sebanyak 188.226 merchant dan total pengguna QRIS sebanyak 204.010 pengguna,”terangnya

Ia menambahkan, penggunaan QRIS merupakan salah satu upaya Bank Indonesia dalam pengembangan Ekonomi dan Keuangan Digital, termasuk di Tanah Papua. QRIS tidak hanya berperan meningkatkan efisiensi pembayaran tetapi juga mendukung inklusivitas UMKM dalam perekonomian.(Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *