Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Sorotan

‘Suap-suapan’ Pemilu Makin Santer, Pembina Politik Kabupaten Jayapura Terkesan Diam

106
×

‘Suap-suapan’ Pemilu Makin Santer, Pembina Politik Kabupaten Jayapura Terkesan Diam

Sebarkan artikel ini
Ketua Aliansi Sentani Bersatu Sejahtera (ASBS), John Maurits Suebu.
Example 468x60

Diduga Pj. Bupati Jayapura sedang mengamankan Calon Anggota DPD-RI berinisial LL dan juga Calon Anggota DPR Papua dari Partai Gerindra berinisial Y.

Paraparatv.id |Sentani| Dalam seminggu terakhir ini sejumlah media di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura santer memberitakan dugaan suap yang terjadi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg)  di Bumi Khenambay Umbay.

Meski semua fakta tentang dugaan suap itu telah dibeberkan media kepada publik, namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari pemerintah daerah ataupun lembaga terkait yang memiliki kewenangan dalam pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Jayapura.

Menanggapi hal itu, Ketua Aliansi Sentani Bersatu Sejahtera (ASBS), John Maurits Suebu meminta agar Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo selaku pembina politik untuk segera mengambil langkah tegas untuk menyikapi persoalan yang sedang terjadi.

“Karena itu Pj Bupati dan seluruh unsur muspida dapat merespon hal ini dengan baik, jangan anggap ini hal yang biasa. Jangan buang persoalan ini kepada PPD, jangan buang masalah ini kepada KPU, Bawaslu dan jangan buang ini kepada Parpol yang bersangkutan tetapi pak Pj sebagai pembina politik harus merespon ini dengan baik dan harus melakukan upaya-upaya” kata JMS dalam sambungan telepon, belum lama ini.

Diungkapkannya, masalah suap-suapan yang terjadi dalam Pemilu di Kabupaten Jayapura ini pastinya bukan hanya terjadi di Distrik Waibu saja, tetapi menurutnya hal yang sama pasti terjadi di 18 distrik lainnya.

Dijelaskannya, PPD adalah anak kandung dari KPU dan dia mengilustrasikan bahwa pastinya anak akan mengikuti hal-hal yang diajarkan oleh orang tuanya baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Kalau secara langsung pastinya orang tua akan mengajarkan hal-hal yang baik kepada anaknya, tetap secara tidak langsung seorang anak juga akan mengamati apa yang dilakukan oleh orang tuanya termasuk hal-hal yang kurang baik juga, kalau anak-anak sudah melihat hal yang sebenarnya kurang baik tetapi dilakukan terus menerus maka anak-anak pastinya akan menilai apa yang dilakukan orang tuanya itu benar dan tidak menjadi masalah jika dia ikut melakukannya” ujar JMS.

Kata dia, jika hal ini terus di biarkan pastinya akan menjadi pertanyaan besar, oleh sebab itu dirinya kembali meminta agar Pj. Bupati Jayapura segera mengambil langkah tegasnya selaku pembina politik.

“Tidak boleh didiamkan, harus segera perintahkan sekda, muspida semua untuk merespon persoalan ini secepatnya. Karena ini adalah indikator untuk menilai kinerja Pj. Bupati Jayapura dalam melaksanakan tugasnya menjalankan pemilu. Karena tugas utama Pj adalah memimpin roda pemerintahan dan melaksanakan pemilu ” tuturnya.

Dia menambahkan, jika Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo tidak melakukan langkah tegas maka patut dipertanyakan ada apa dibalik semua persoalan yang terjadi ini.

Lebih lanjut dikatakannya, jika benar Pj. Bupati Jayapura terafiliasi dengan caleg ataupun partai politik dia mengatakan bahwa ini adalah hal yang sangat berbahaya.

Dia kembali mengilustrasikan jika itu terbukti benar, maka hal itu ibaratkan bom waktu yang telah diseting kapan waktunya untuk meledak.

“Kalau pak Pj diindikasi seperti itu, itu berbahaya sekali. Kalau itu benar terbukti maka saya akan pimpin seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura untuk berdemo untuk menolak hasil pemilihan 14 Februari 2024”

“Karena masyarakat mau dapat apa kalau semua masuk dalam kotak yang memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Tadi saya sudah sampaikan dari awal, kalau pak PJ tidak merespon ini dengan baik ada apa. Pj Bupati harus segera merespon” tambahnya.

Oleh sebab itu dia kembali meminta agar Pj Bupati segera mengundang seluruh muspida untuk melihat dan mengkaji hal ini sesuai dengan hukum positif dan dampak yang akan terjadi seperti apa nantinya.

“Karena masyarakat di Kabupaten Jayapura telah meluangkan waktunya untuk menyalurkan hak politiknya untuk mendapatkan pemimpin yang bersih untuk membela kepentingan rakyat, bukan dengan cara kotor seperti ini” tutupnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh paraparatv.id Pj. Bupati Jayapura diduga tengah mengamankan suara untuk calon Anggota DPD-RI berinisial LL dan juga Calon Anggota DPR Papua dari Partai Gerindra yang maju dari Dapil 3 Kabupaten Jayapura berinisial Y.

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo ketika dihubungi melalui pesan singkat, Rabu siang tidak memberikan respon, padahal saat dihubungi melalui telepon ponselnya sedang aktif. (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *