Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANISosial Budaya

20 Guru TPQ dan Siswa Terima Bantuan dari Baznas Kabupaten Jayapura

45
×

20 Guru TPQ dan Siswa Terima Bantuan dari Baznas Kabupaten Jayapura

Sebarkan artikel ini
Kepala Seksie Bimbingan Masyarakat (Binmas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura, Edi Abdul Kholiq, S.E., M.BA., didampingi Ketua Baznas Kabupaten Jayapura Masrukhan dan Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Mustaqiim ketika menyerahkan bantuan beasiswa secara simbolis kepada sejumlah perwakilan siswa-siswi, di Masjid Al Ikhlas, Jalan Mambruk, Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis, 29 Februari 2024
Example 468x60

Paraparatv | Sentani | Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jayapura kembali menyalurkan bantuan untuk para tenaga pendidik Taman Pengajian Qur’an (TPQ), serta menyerahkan beasiswa kepada 50 siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Jayapura Steven A. Wonmaly yang diwakili Kepala Seksie Bimbingan Masyarakat (Binmas) Islam Kemenag Kabupaten Jayapura Edi Abdul Kholiq, S.E., M.AB., yang disaksikan oleh Ketua Baznas Kabupaten Jayapura Masrukhan dan Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Mustaqiim, S.H., di Masjid Al Ikhlas, Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis, 29 Februari 2024.

Ketua Baznas Kabupaten Jayapura Masrukhan menjelaskan, bantuan diberikan kepada 50 siswa-siswi mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK atau Madrasah Aliyah itu, dengan nilai total sekitar Rp 17,5 juta. Bantuan juga diberikan kepada 20 guru TPQ, dengan nilai total sekitar Rp 15 juta.

“Bantuan beasiswa ini merupakan program Jayapura Cerdas yang ada di Baznas Kabupaten Jayapura itu dilakukan setiap tahun. Mudah-mudahan kita bisa membantu siswa-siswi yang kurang mampu dengan tujuan tidak putus sekolah,” ujar Masrukhan ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai acara penyerahan bantuan beasiswa dan bantuan TPQ, Kamis, 29 Februari 2024.

“Dengan kriteria penerima bantuan beasiswa itu memang berasal dari keluarga yang tidak mampu, jadi benar-benar dari keluarga tidak mampu. Maka itu, saat penerimaan bantuan ini harus menyertakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kampung/kelurahan setempat. Jadi, apa yang kita salurkan saat ini adalah benar-benar tepat sasaran dan tidak mengikuti sesuai data yang masuk saja. Tetapi, berdasarkan kondisi nyata yang kami lihat langsung dan verifikasi terhadap siswa-siswi bersangkutan,” sambungnya.

Lanjut Masrukhan menyampaikan, bantuan beasiswa kepada 50 siswa-siswi itu di empat SD/MI, empat SMP/MTs dan dua SMA/SMK (MA) yang ada di Distrik Sentani dan Distrik Waibhu.

“Bantuan beasiswa untuk tingkat SD/MI itu per siswanya mendapatkan 250 ribu rupiah, sedangkan untuk tingkat SMP/MTs itu setiap orang memperoleh 375 ribu rupiah dan untuk tingkat SMA/MA itu masing-masing siswa mendapat 500 ribu rupiah,” bebernya.

Bantuan Baznas Kabupaten Jayapura dari program Jayapura Cerdas itu juga kepada para tenaga pendidik yang ada di Taman Pengajian Qur’an (TPQ) yang berjumlah 20 orang.

“Ini merupakan program dari Baznas Kabupaten Jayapura di tahun 2024, yakni di bidang pendidikan itu adalah Jayapura Cerdas. Adapun bantuan yang kita serahkan itu adalah bantuan beasiswa kepada siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Jadi, bantuan ini rutin diberikan setiap tahun sebagai wujud kepedulian dari Baznas yang telah bekerjasama dengan semua pihak di Kabupaten Jayapura. Sehingga bantuan dari program ini bisa tersalurkan dan juga bisa membantu meringankan beban dari para siswa-siswi tersebut,” ujar Masrukhan.

“Sedangkan untuk bantuan TPQ itu merupakan bantuan tahap pertama, yang diberikan kepada 20 tenaga pendidik itu sebagai salah satu bentuk perhatian kami bagi para guru yang telah menunjukkan pengabdian mereka di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Masrukhan mengatakan, guru-guru di TPQ berperan untuk mencetak generasi muda yang diharapkan menyebarkan kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Diharapkan para guru dapat melahirkan generasi muda dengan peradaban terbaik, berakhlaktul karimah dan bertakwa kepada Allah SWT.

“Supaya saat mereka memberikan pembelajaran atau menyampaikan ilmunya itu ada sedikit support, sehingga bisa menjadi sebuah pemacu terhadap guru-guru TPQ dalam mengajarkan peserta didiknya. Dengan adanya support dari kami di Baznas atau masyarakat itu bisa menjadi pemacu guru-guru agar lebih semangat lagi dalam mengajarkan bidang pendidikan Qur’an,” katanya.

“Sudah terprogram selain beasiswa itu, juga bantuan kepada tenaga pendidik yang ada di TPQ dengan setiap orangnya masing-masing mendapatkan 750 ribu rupiah dalam program Jayapura Cerdas yang ada di Baznas Kabupaten Jayapura,” tukas Masrukhan didampingi Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Mustaqiim.

Sementara, Kepala Seksie Bimbingan Masyarakat (Binmas) Islam Kemenag Kabupaten Jayapura, Edi Abdul Kholiq, S.E., M.BA., menyampaikan apresiasi kepada pihak Baznas Kabupaten Jayapura dalam menyalurkan bantuan beasiswa dan bantuan TPQ yang ada dalam program Jayapura Cerdas.
“Kami dari Kementerian Agama Kabupaten Jayapura sangat mengapresiasi program kerja dari Baznas Kabupaten Jayapura,” ujarnya. (Fan)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *