Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAPolitik

Bawaslu Yapen Soroti Sejumlah TPS Di Kota Serui Alami Keterlambatan Didistribusi Logistik Pemilu

4
×

Bawaslu Yapen Soroti Sejumlah TPS Di Kota Serui Alami Keterlambatan Didistribusi Logistik Pemilu

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Yapen Hofni Y Mandripon
Example 468x60

Paraparatv.id | Yapen | Memasuki hari H pencoblosan surat suara Pemilu 2024, sejumlah TPS di seputaran Kota Serui belum melakukan pencoblosan.

Dari pemantauan di lapangan, terdapat beberapa kendala baik itu belum adanya pendistribusian logistik surat suara dari PPD ke TPS, adapula kekurangan surat suara dan beberapa kendala lainnya.

Ketua Bawaslu Yapen Hofni Y Mandripon, menyoroti adanya kekurangcermatan signifikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memastikan distribusi logistik pemilu ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara akurat.ungkapnya Rabu (14/2/24).

Ia membahkan, Kesalahan dalam penghitungan atau distribusi logistik, termasuk ketidaksesuaian jumlah surat suara, kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), dan kelengkapan TPS lainnya, tercatat di beberapa lokasi, menyebabkan penundaan dalam pemungutan suara. Demikian ditegaskan Hofni Y Mandripon di group media.

“Kekurangcermatan ini mencerminkan perlunya peningkatan manajemen dan koordinasi internal di KPU. Sebagai penjamin pemilu yang lancar dan demokratis, KPU diharapkan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem pendistribusian logistik pemilu”.

Ditambahkan, KPU harus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Bawaslu, pemerintah daerah, dan lembaga swadaya masyarakat, agar setiap TPS menerima logistik pemilu dalam jumlah yang tepat dan waktu yang sesuai.

Dirinya meminta kepada KPU untuk mengambil langkah konkret dalam memperbaiki masalah distribusi logistik ini, untuk memastikan kekurangan serupa tidak terjadi di pemilu selanjutnya.

“Keberhasilan pemilu diukur bukan hanya dari tingkat partisipasi pemilih, tetapi juga efektivitas dan efisiensi distribusi logistik ke setiap TPS secara tepat dan adil”.(Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *