Example floating
Example floating
EkonomiKABAR SENTANI

Wujudkan Pangan Nasional, Pemkab Jayapura Salurkan Ribuan Benih ikan

257
×

Wujudkan Pangan Nasional, Pemkab Jayapura Salurkan Ribuan Benih ikan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Dukung program pemerintah berupa mewujudkan Program Kerjasama Ketahanan Pangan Nasional bersama TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura menyerahkan ribuan benih ikan Nila dan Lele, serta ratusan kilogram (kg) pakan di tiga satuan TNI AD pada medio Januari 2024.

Penyerahan ribuan benih ikan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Ir. Rudi Afdiner Saragih, kepada perwakilan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 10/KYD, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu, 17 Januari 2024.

Selain itu, Kadis Rudi Afdiner Saragih juga menyerahkan bantuan benih ikan dan pakan kepada perwakilan Satuan Polisi Militer Kodam XVII/Cenderawasih (Pomdam XVII/Cenderawasih) pada Senin, 15 Januari 2024.

Sebelumnya, Rudi Afdiner Saragih juga menyerahkan telah menyerahkan bantuan benih ikan dan pakan kepada perwakilan Yonif RK 751/VJS Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu, 13 Januari 2024 lalu.

Usai menyerahkan ribuan benih ikan Nila maupun Lele dan ratusan kilogram pakan, Kadis Rudi Afdiner Saragih bersama perwakilan tiga satuan dari TNI AD, yang selanjutnya melakukan penebaran ribuan benih ikan itu di kolam atau bioflok milik tiga satuan TNI AD tersebut.

“Ya, betul hari ini kita kembali menyerahkan bantuan ribuan benih ikan lele dan ratusan kilogram pakan ikan kepada Denzipur 10/KYD di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura,” ungkap Rudi Afdiner Saragih kepada wartawan media online ini dibalik telepon selulernya, Rabu, 17 Januari 2024 sore.

Lebih lanjut Rudi Saragih sapaan akrabnya menyampaikan, penyerahan ribuan benih ikan dan pakan ikan ini merupakan tahap pertama yang diawali kepada tiga satuan TNI Angkatan Darat (AD), yakni Yonif RK 751/VJS, POMDAM XVII/Cenderawasih dan Denzipur 10/KYD.

“Jadi, di Januari 2024 ini kami dari Pemkab Jayapura dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan sudah melaksanakan penyerahan bantuan, sekaligus juga penyebaran benih ikan nila dan lele, serta penyerahan bantuan pakan ikan. Benih ikan nila sebanyak 5.000 ekor dan benih ikan lele sebanyak 10.000 ekor, sehingga totalnya 15.000 ekor dan satu (1) ton pakan ikan,” akunya.

“Penyerahan bantuan ribuan benih ikan dan ratusan kilogram pakan ikan ini merupakan kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal ini di setiap daerah itu ditindaklanjuti oleh setiap kabupaten bekerjasama dengan TNI, yang mana kerjasama itu sudah dilakukan sejak 2018 dan kami tetap laksanakan di tahun 2023 lalu.
Kemudian, di awal Januari 2024 ini dan sudah komunikasi dari akhir tahun 2023 hingga surat kami sudah masuk juga, jadi kita serahkan di awal Januari ini dan kebetulan juga benihnya juga sudah cukup besar,” tambahnya.

Selain itu, Rudi Saragih mengatakan, bantuan benih ikan dan pakan ini juga akan diberikan kepada satuan-satuan TNI yang ada di Jayapura.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi Afdiner Saragih ketika menyerahkan secara simbolis bantuan benih dan pakan ikan kepada salah seorang perwakilan dari Denzipur 10/KYD, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu, 17 Januari 2024

“Kegiatan penyerahan bantuan benih ikan dan nila di awal Januari tahun 2024 ini, akan kita lanjuti lagi kepada satuan-satuan TNI yang lain. Setelah itu, nanti akan kita berikan juga kepada kelompok-kelompok pembudidaya ikan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura,” katanya.

“Jadi, kelembagaan-kelembagaan itu setiap tahun kita berikan porsi antara 15 persen sampai 20 persen dari bantuan tersebut. Baik itu, lembaga gereja, lembaga pendidikan, LSM dan juga lembaga swasta lainnya termasuk TNI-POLRI. Sekitar 80 persen dari bantuan benih ikan itu, kita serahkan kepada kelompok binaan pembudidaya ikan (Pokdakan) yang ada tersebar di empat wilayah pembangunan yang ada di daerah ini yang berjumlah sekitar 670 Pokdakan,” sambungnya.

Untuk diketahui jumlah bantuan benih ikan dan pakan yang diserahkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura kepada tiga satuan TNI AD. Yakni, di Denzipur 10/KYD sebanyak 3.500 ekor benih ikan lele dan 250 kg pakan. Kemudian, di Satuan POMDAM XVII/Cenderawasih sebanyak 5.000 ekor benih nila dan 300 kg pakan. Serta, di Yonif RK 751/VJS sebanyak 5.000 ekor benih ikan lele dan 300 kg pakan. (Fan)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *