Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR KOTA JAYAPURA

KPU Kota Jayapura Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Libatkan 240 Orang

152
×

KPU Kota Jayapura Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Libatkan 240 Orang

Sebarkan artikel ini
Pj Walikota Jayapura Frans Pekey bersama Ketua KPU Provinsi , ketua KPU Kota Jayapura dan Forkopimda saat meninjau langsung logistik Kertas Suara kota jayapura
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura mulai melakukan proses pembukaan segel surat suara Pemilu serentak tahun 2024 dan pelaksanaan proses sortir dan lipat (sorlip) melibatkan 240 warga Kota Jayapura, yang dilakukan di Gudang Logistik di Ex Terminal Lama Entrop Jalan Raya Abepura Entrop, Kota Jayapura, Papua. Sabtu, (13/1/2024)

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pekey, menyampaikan Proses pembukaan segel surat suara dilakukan bersama Forkopimda, Ketua KPU Provinsi Papua Steve Dumbon, dan Ketua KPU Kota Jayapura Oktavianus Injama.

“Kami menilai, bahwa KPU kota sudah sangat siap. Mulai dari tahapan-tahapan, kemudian juga persiapan logistik pemilu dan menurut laporan tadi bahwa hari ini untuk memulai pelipatan surat suara untuk surat suara pemilu presiden dan juga DPD RI,” Ucapnya

Frans Pekey juga menambahkan sementara surat suara legislatif baik untuk DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD kabupaten/kota sudah tiba, dan dalam satu dua hari ke depan, sudah dilakukan pelipatan.

“Sehingga kami melihat kesiapan KPU kota dan di backup oleh KPU provinsi sudah sangat luar biasa tinggal bagaimana dalam aspek pengamanan kemudian juga memastikan bahwa semua logistik yang ada di gudang di Entrop ini bisa aman,” Pungkasnya

Ketua KPU kota Jayapura Oktovianus Injama saat menunjukan Kotak Suara yang telah tiba di Gudang KPU kota Jayapura

Aman bukan hanya dari aktivitas masyarakat tetapi juga dari kemungkinan terjadinya resiko bencana baik kebakaran atau banjir dan lain sebagainya itulah selalu antisipasi dan pihak Polresta sudah melakukan pengamanan berkordinasi dengan KPU.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu dan juga pihak kepolisian yang bersama-sama kolaborasi mendukung dan juga menyiapkan tahapan Pemilu.

“Saya berharap dengan target waktu yang telah ditentukan oleh KPU Sebagai penyelenggara untuk mulai distribusi logistik kemudian sampai dengan pelaksanaannya di TPS itu semua berjalan dengan lancar sampai kepada penghitungan suara dan penetapan hasil,” Ujarnya

“Persoalan mau pilih siapa, mau pilih yang mana itu hak politik masing masing dan hak suara masing masing warga negara,” Kata Pekey

Khusus Untuk penyelenggara Pemilu pihaknya juga beberapa waktu lalu denga BPJS Ketenagakerjaan sudah komunikasikan untuk perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan untuk kecelakaan dan kematian dan itu sudah diakukan terus komunikasi mudah-mudahan dalam beberapa hari waktu ke depan bisa menjaminkan untuk semua penyelenggara.

Sementara itu ditempat yang sama, ketua KPU Provinsi Papua, Steve Dumbon menargetkan, tanggal 20 Januari 2024, seluruh logistik surat suara sudah siap.

“Mengingat masih ada 21 item logistik Pemilu, berupa formulir-formulir yang belum tercetak kita berharap KPU RI secepat mungkin mencetak itu. Sehingga tiba di sini, distribusi logistik itu bisa tepat waktu.”ucapnya

Ia menambahkan, pihaknya terus mendesak agar ekspedisi untuk surat suara legislatif dan formular-formulir bisa tiba secepat mungkin.

PJ Sekda Kota Jayapura Robby Kepas Awi saat meninjau petugas pelipat kertas suara

“Hambatan terberat yang ditakutkan adalah masalah cuaca, karena sesuai dengan edaran BMKG, kemungkinan di pertengahan Februari, sudah puncak musim hujan, jangan sampai surat suaranya sudah tiba terlambat kita dihadang lagi dengan cuaca buruk.”ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama mengatakan Surat suara untuk PPWP dan DPD ada sebanyak 400 karton semuanya berjumlah 263.629 suara.

“Untuk distribusi Kami sudah sepakat h -3, jadi 3 hari sebelum pemungutan suara kami sudah Distribusi,” Ungkapnya

Distribusi surat suara dari gudang penyimpanan ke PPK, KPPS dan PPS, maksimal h-1, semua logistik sudah selesai didistribusi. Wilayah kota Jayapura ada 940 TPS terbagi di 5 distrik
yaitu distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, distrik Heram, distrik Abepura dan distrik Muara Tami dan untuk disabilitas pihaknya sudah sosialisasi akhir Desember 2023 jumlah disabilitas ada kurang lebih sekitar 300 orang yang terdata. (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *