Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

217 Warga Binaan Lapas di Abepura masuk DPT Pemilu 2024

433
×

217 Warga Binaan Lapas di Abepura masuk DPT Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Abepura pada Pemilu 2024.

“TPS khusus di Lapas Abepura diperuntukkan warga binaan untuk memberikan hak suara pada Pemilu 2024,” ujar Ketua KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama kepada paraparatv.id di Gudang Logistik Ex Terminal Lama Entrop Jalan Raya Abepura Entrop, Kota Jayapura, Papua. Sabtu, (20/1/2024)

Oktovianus mengatakan penempatan TPS khusus di lapas ini penting bagi penyelenggara Pemilu 2024 sehingga hak-hak politik warga binaan Lapas Abepura tidak hilang dan dapat disalurkan dengan demokratis.

Ia menambahkan, sedikitnya ada 217 warga binaan yang akan memilih.

“Dari jumlah yang ada saat di mutahirkan datanya banyak yang tidak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK) maka hanya 217 warga binaan yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” Pungkas Oktovianus.

Untuk Lapas sudah dikoordinasikan dengan KPU Provinsi mereka sudah turun sama-sama untuk mengecek, “Teknisnya sama seperti kita di pemilihan biasanya nanti petugas lapas yang lebih tahu teknisnya seperti apa saat pemilihan besok dan untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilakukan oleh petugas dari Lapas sendiri,” Ucapnya.

KPU juga sudah pernah melakukan sosialisasi kepada warga binaan terkait dengan pemilu.

“Kita sedang merencanakan untuk sosialisasi satu kali lagi sekalian simulasi dikarenakan waktunya sudah dekat,” Katanya

Perlu diketahui, DPT yang sudah ditetapkan berjumlah 258.082, KPU Kota Jayapura bakal menyediakan TPS sebanyak 940 dengan jumlah KPPS 6.580.(VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *