Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
OPINI PARA-PARA

Pemilih Muda “Tanah Subur” Pemilu 2024 untuk Indonesia Emas

×

Pemilih Muda “Tanah Subur” Pemilu 2024 untuk Indonesia Emas

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Oleh: Michael Jhon Yarisetouw (Wakil Ketua II DPD PSI Kab. Jayapura/Koordinator Pemilih Muda TKD Prabowo-Gibran)

PEMILIHAN umum merupakan salah satu momentum untuk menentukan masa depan bangsa. Dalam Pemilu 2024 kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari tingkat nasional hingga daerah. Kepada mereka yang terpilih dengan suara terbanyak rakyat akan dipercayakan masa depan bangsa dan negera melalui kebijakan-kebijakan politik yang ditetapkan.

Para kontestan pemilu, capres-cawapres dan para caleg telah diajukan melalui partai politik akan berupaya untuk merebut hati para pemilih dengan berbagai cara untuk mendapatkan suara terbanyak. Pemilih dalam tahun pemilu tahun 2024 didominasi oleh para pemilu muda.

Pemilih muda adalah peserta pemilu yang berada dalam rentang usia 17 sampai dengan 40 tahun. Kelompok generasi Z (17-23) dan generasi milenial (24-39). Berdasarkan data DPT yang ditetapkan KPU 52% adalah pemilih muda. Pemilih muda juga merupakan generasi bangsa yang sangat produktif, saya menganalogikan mereka sebagai “tanah subur”. Tanah yang subur akan sangat cepat memberikan hasil maksimal, hasil yang dihasilkan tergantung pada “benih”. Saya ibaratkan ide dan gagasan yang baik dan benar serta berguna dan membangun bangsa secara konstruktif sebagai “benih berkualitas”

Maka di hari pertama masa kampanye, saya mengharapkan para kontestan pesta demokrasi 2024. Untuk berkampanye politik yang berfokus pada presentasi ide dan gagasan yang konstruktif, bukan saling menjatuhkan, menyebar hoax dan kebencian. Kampanye yang berorientasi pada konstruktifitas tidak hanya menciptakan lingkungan politik yang lebih sehat, tetapi juga memotivasi pemilih muda untuk lebih aktif terlibat dalam proses politik. Ide dan gagasan yang membangun cenderung menciptakan diskusi yang lebih substansial dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pemilih pemula tentang permasalahan-permasalah yang dihadapi serta memberitahukan tentang arah yang diinginkan para politisi untuk membangun bangsa dan negara.

Dan bagi rekan-rekan pemilih muda, ketahuilah kita adalah harapan dan penentu masa depan bangsa dan negara. Mari terlibat aktif dalam proses pemilu 2024 untuk menentukan para pemimpin. Suara kita sangat berharga, pilihlah pemimpin yang memiliki integritas, visi yang jelas, dan kemampuan dalam menawarkan solusi konkret terhadap tantangan yang dihadapi rakyat. Kita adalah “Tanah Subur” siap untuk ditaburi “Benih Indonesia Maju” yang akan tubuh dan memberikan hasil “Buah Indonesia Emas”.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *