Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR KOTA JAYAPURA

5 Perajin Batik Menerima Sertifikat HaKI untuk Pertama Kalinya di Papua

151
×

5 Perajin Batik Menerima Sertifikat HaKI untuk Pertama Kalinya di Papua

Sebarkan artikel ini
Kadis Peridagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, menyerahkan sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada perajin batik.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) dan UKM Kota Jayapura Robert Awi mengatakan penyerahan sertifikat HaKi khusus kepada 5 pebatik, 2 sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB) dan 2 sertifikat merk dagang.

“Khusus untuk pengrajin batik kami, mereka yang punya motif motif yang selama ini sudah mereka tuangkan dalam batik itu yang diusulkan untuk hak kekayaan intelektualnya dilindungi, maka kami bekerja sama dengan kemenkumham,”ucapnya usai kegiatan penyerahan bantuan bagi 476 pelaku usaha, di Halaman Parkir Main Hall Kantor Walikota Jayapura, Kamis (2/3).

“Khusus untuk pelaku batik kami ada 5 orang, ada yang 2 motif, 3 motif yang sudah di hakikan sehingga kalau kita akan memakai motif itu maka harus ada hitung hitungan royaltinya untuk mereka,”pungkasnya.

Ia menambahkan ini untuk pertama kalinya di Kota jayapura, juga di Provinsi Papua
“Secara khusus binaan kami di Kota Jayapura ada 6 pelaku batik, hari ini yang menerima haki ada 5, kemudian menyerahkan sertifikat NIB kepada 2 pebatik dan menyerahkan sertifikat sehingga total ada sembilan sertifikat yang diserahkan,”ujar Robert.

“Diharapkan dengan adanya pemberian sertifikat agar perajin batik dapat termotivasi dan semakin tekun dalam membuat motif-motif batik lebih sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Sehingga pada akhirnya mampu bersaing dalam mengisi pangsa pasar yang tersedia guna meningkatkan pendapatan dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga,”tutupnya.(SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *