Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

Rayakan HPN 2023, Pemkab Jayapura Harap Pers Tetap Profesional

112
×

Rayakan HPN 2023, Pemkab Jayapura Harap Pers Tetap Profesional

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Sekretariat Daerah merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 bersama insan pers dan pimpinan media di Jayapura, yang berlangsung di Lantai II Gedung A Kantor Bupati Jayapura, Senin (20/2/2023).

Peringatan HPN 2023 Sekretariat Daerah Pemkab Jayapura ini dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, Komisi Informasi (KI) Papua, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua, Ombusman RI Perwakilan Papua, , Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura, Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia (SWI) Papua, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Papua, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua, Asosiasi TV Kabel Provinsi Papua, Pimpinan-pimpinan Media di Jayapura dan jurnalis pos peliputan Pemkab Jayapura.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi menyampaikan apresiasi tinggi kepada insan pers, Dinas Kominfo dan pengelola informasi di Kabupaten Jayapura sebagai pengelola dan penyalur informasi kepada masyarakat luas.

“Media mempunyai peranan penting terhadap perkembangan daerah tidak hanya mewartakan berita namun turut berperan mengawasi dan mengamati setiap fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat maupun instansi pemerintah,” kata Pj Bupati dalam sambutannya.

Kabupaten Jayapura menempatkan pers sebagai salah satu mitra pemerintah dalam melaksanakan kerja-kerja jurnalis tanpa intervensi apapun, karena keberadaan media itu mendukung roda pembangunan di Bumi Kenambai Umbai.

“Kita ketahui bersama bahwa media massa saat ini dituntut untuk menyajikan informasi secara cepat namun demikian insan pers tidak boleh mengenyampingkan akurasi dalam menyajikan berita yang dapat dikonsumsi publik,” katanya.

Di jaman digitalisasi saat ini, informasi sudah menjadi kebutuhan sehingga berita yang disajikan betul-betul akurat dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“Dan perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Jayapura merupakan salah satu kabupaten informatif, ditandai dengan penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik se-Provinsi Papua Tahun 2022 oleh Komisi Informasi Papua. Untuk itu, keterbukaan informasi yang selama ini telah diukir teruslah dipertahankan dan sedapat mungkin terjangkau hingga ke pelosok kampung,” tegasnya.

Sebagai upaya mendukung keterbukaan informasi Pemerintah Kabupaten Jayapura juga terus mendorong penyediaan infrastuktur Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK).

Sementara itu, Kabupaten Jayapura telah mengcover jaringan internet di 19 distrik dan telah terbangun tower BTS Telkom 115 Site, Tower NCP 17 Site, Tower BTS Bakti Non 3T 44 Site, tower Telkomsel non 3T 7 Site, Tower Indosat 122 Website Kampung dan 19 Website di 19 distrik.

“Yang semuanya merupakan pencapaian Kabupaten Jayapura dalam menerapkan smart goverment menuju smart city dan secara tidak langsung kampung-kampung dan distrik tersebut secara mandiri dapat mempromosikan kampung melalui website bagaimana kearifan lokal, potensi wisata dan brand lokal yang ada di wilayahnya masing-masing,” kata Pj Bupati.

Sehingga hal ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan yang terpenting dapat membuka cakrawala dan wawasan masyarakat terhadap segala macam bentuk informasi yang ada di jagad maya.

Menutup sambutannya Pj Bupati meminta diharapkan pers tetap berada di jalurnya, bekerja secara profesional, memberikan informasi yang berguna atau bermanfaat kepada masyarakat. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *