Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

Kemeriahan HUT 58 Tahun SMPN 1 Sentani Sebelum Direlokasi Ke Lokasi Baru

222
×

Kemeriahan HUT 58 Tahun SMPN 1 Sentani Sebelum Direlokasi Ke Lokasi Baru

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Tidak terasa Usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sentani sudah memasuki usia 58 tahun.

Di usianya saat ini tidak terhitung sudah berapa banyak memberi kontribusi dan sumbangsih Sumber Daya Manusia di Papua yang berkiprah dalam pembangunan di Tanah Papua, salah satunya adalah Lukas Enembe, Gubernur Papua saat ini.

Selain ada sejumlah nama lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Sehingga dalam memasuki usianya yang ke-58 Tahun SMP Negeri 1 Sentani patut pula untuk disyukuri bersama.

Untuk itu dalam rangka Syukuran Hari Ulang Tahun SMPN 1 Sentani Ke-58 Tahun 2023, Panitia telah melaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya Lomba Cerdas Cermat MIPAS dan Lomba Story Telling pada tanggal 1 Februari 2023, dan lomba Paduan Suara serta Nyanyi Solo yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2023.

“Selain itu, ada Bhakti Sosial berupa Aksi Donor Darah yang Bekerja Sama dengan PMI Kabupaten Jayapura dan Anjangsana ke Panti Asuhan Karya Pembangunan Komba, Pondok Pesantren Nurul Anwar Komba dan Mengunjungi Para Pensiunan SMP Negeri 1 Sentani yang digelar pada tanggal 3 februari 2023,” ungkapnKepala Sekolah SMP Negeri 1 Sentani Yokbeth Wally.

Di samping itu, juga dilaksanakan acara Jalan Santai dan Senam Zumba dan Bazaar Sekolah pada tanggal 6 Februari 2023.

“Acara puncaknya pada tanggal 7 Februari 2023 di SMP Negeri 1 Sentani yang dihadiri para alumni, Komite Sekolah dan pejabat Pemkab Jayapura,” ujarnya.

Ketua Panitia Acara Hut Ke-58 Tahun SMP Negeri 1 Sentani Supriadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan bantuan sehingga Kegiatan HUT SMPN 1 Sentani telah terlaksana dengan baik.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua murid yang sudah mensupport bahkan yang pernah menahan Presiden Jokowi di Jalan Masuk Bandara dan meminta perhatian Pemerintah menyelesaikan polemik pembayaran tanah sekolah kepada pemilik ulayat, sehingga di hari jadi sekolah ini sehingga di usia yang ke-58 Tahun, acara akbar ini boleh berlangsung di sekolah ini,” ujarnya.

Acara ini juga didukung oleh beberapa sponsor dan donatur diantaranya Koperasi Sekolah, Darel Laundry, Varash, Tafailah Kichen, CV. Yoga Wahyu Pratama, Bapak Amenus Wenda, sumbangan sukarela Staf Guru dan Tata Usaha serta Bazzar Sekolah.

Di samping itu, ada juga bantuan berupa Doorprize dari Angkatan 96 Bank Papua, Penerbit Intan Pariwara, Penerbit Masmedia dan Penerbit Airlangga.

Kepala SMP Negeri 1 Sentani Yokbeth Wally menambahkana bahwa di usia yang ke-58 tahun ini, sekolah merayakan ulang tahun di tempat yang akan menjadi sejarah, sebelum sekolah ini direlokasi ke tempatnya yang baru di Toladan, Ifar gunung,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Yokbeth Wally, bahwa mempunyai permintaan sebelum sekolah ini direlokasi, yaitu agar Pemerintah Kabupaten memperhatikan akses jalan masuk dan jembatan serta dibangunkan pagar sekolah, sehingga menjadi jelas batas tanah sekolah dan masyarakat.

“Harus libatkan pemilik tanah yang mengetahui batas-batas tanahnya, jangan kasih orang lain yang bisa menjadi masalah baru di kemudian hari dengan membuat alasan-alasan lain untuk mengklaim batas-batas tanah sekolah tersebut,” tandasnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Sentani John Hokoyoku, bahwa sebelum sekolah dipindahkan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini dinas terkait untuk segera mencari solusi terbaik dalam proses penyelesaian Hak Ulayat agar tidak menjadi masalah baru sebelum sebelum akhir Tahun 2023.

“Apa yang dimaksud ibu kepala sekolah bahwa kami sepakat untuk sekolah ini dipindahkan serentak tidak setenga-setengah,” ujarnya.

Di tempat yang sama Saat Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan Kabupaten Jayapura Bapak Eqberth Kopeuw mengatakan pada dasarnya Pemerintah Kabupaten sudah menyiapkan dananya sesuai dengan alokasi yang disiapkan, tinggal diatur secara baik kapan sekolah mau relokasi.

“Pemda Kabupaten Jayapura akan membangun sekolah tersebut sesuai yang diinginkan, tinggal disiapkan infrastruktur pendukungnya dan selanjutnya akan menjadi asset Pemerintah Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

Untuk diketahui, Perayaan HUT SMP Negeri 1 Sentani Ke-58 Tahun 2023 tersebut juga diwarnai dengan aksi spontan sumbangan sukarela untuk membantu perbaikan komputer sekolah oleh alumni yang hadir.

Acara dirangkai dengan atraksi Tarian Kolosal Aster dari Wamena, Semaphore Cantik, Peragaan Karate dan Nyanyi Solo oleh murid-murid SMP Negeri 1 Sentani, dan dituturp dengan Jamuan Kasih Bersama. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *