Example floating
Example floating
BERITA

Berpotensi Tsunami Di Laut Maluku, 15 Wilayah Status Siaga dan Waspada

151
×

Berpotensi Tsunami Di Laut Maluku, 15 Wilayah Status Siaga dan Waspada

Sebarkan artikel ini
Peta titik gempa (sumber BMKG)
Example 468x60

Paraparatv.id | Sorong | Gempa bumi tektonik bermagnitudo 7,9 yang terjadi pada Selasa (10/1) dini hari di laut Maluku berpotensi tsunami, mengakibatkan lima belas wilayah berstatus siaga dan waspada.

Lima wilayah berstatus siaga adalah Maluku Tengah, Kepulauan Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Pulau Yamdena dan Kota Ambon.

Sementara sepuluh wilayah dengan status waspada adalah Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Buru, Wakatobi, Kendari Pulau Watulumango, Kepulauan Kendari, Konawe Bagian Selatan, Kota Kendari dan Kendari.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis.

Mengenai status siaga dan waspada, Daryono mengimbau kepada pemerintahan setempat agar mengarahkan warga menjauhi pesisir pantai dan tepian sungai.

BMKG masih akan menetapkan status siaga dan waspada berlaku hingga hasil pengamatan ketinggian tsunami valid.

“Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Siaga” dan “Waspada” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,”

“BMKG terus memantau data ketinggian tsunami pada wilayah yang berpotensi terdampak dan akan menyampaikan pemutakhiran informasi,” jelas Daryono.

Data BMKG menunjukkan hingga pukul 02.37 WIB telah terjadi gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak tiga aktivitas, kekuatan gempa tercatat magnitudo M5,5 M4,8 dan M4,5.

BMKG menganalisis pusat gempa bumi tektonik berkekuatan M7,9 terdapat di kedalaman 130 km dengan jarak 136 km barat laut, Maluku Tenggara Barat, Maluku terjadi pada pukul 00.47 WIB.

Rambatan gempa dengan skala intensitas V MMI terasa di wilayah Saumlaki dan Dobo.

Sedangkan skala intensitas III-IV MMI terasa hingga di pulau Papua, Nusa Tenggara Timur hingga Bali. (AY)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *