Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITA

Kunjungi Prajurit Di Papua Jadi Kunker Pertama Panglima TNI Yudo Margono

×

Kunjungi Prajurit Di Papua Jadi Kunker Pertama Panglima TNI Yudo Margono

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id ǀ Jayapura ǀ Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo bersama sejumlah pejabat utama Mabes dari ketiga Matra TNI dan Mabes Polri, melaksanakan tugas pertama sebagai Panglima TNI dengan melakukan Kunjungan Kerja ke Papua, Senin (9/1/2023).
Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri dipusatkan di Makodam XVII/Cenderawasih. Sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri bersama kepala staf angkatan meresmikan Gedung Polda Papua di Koya Koso, Kota Jayapura, pada Ahad (8/1) malam.

Dalam arahannya, Panglima TNI menyatakan kebanggan dapat hadir di tengah-tengah prajurit TNI-Polri yang bertugas di Papua, karena terpilih dan mendapatkan amanah untuk menjaga agar Merah Putih senantiasa berkibar di Bumi Cenderawasih, Papua.

Example 300x600

“Setelah dilantik menjadi Panglima TNI, ini adalah kunjungan kerja pertama saya ke daerah dan saya memutuskan untuk berkunjung langsung ke Papua bersama Bapak Kapolri dan para Kepala Staf Angkatan dan seluruh pejabat utama TNI-Polri di Jakarta dan tentunya untuk bertemu langsung dengan prajurit-prajutit terbaik TNI-Polri,” kata Panglima TNI Yudo Margono.

Panglima TNI mengaku, merasakan aura yang berbeda setelah berada di tengah-tengah prajurit TNI-Polri di Papua, sekaligus membuktikan kebenaran wejangan Jenderal Besar Sudirman yakni tempat terbaik seorang pemimpin adalah di tengah-tengah anak buahnya.

“Kalian semua adalah prajurit profesional yang rela meninggalkan keluarga tercinta demi panggilan tugas untuk Ibu Pertiwi, untuk itu dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI-Polri atas dedikasi, kerja keras dan pengorbanan kalian,” ungkapnya.

Panglima TNI menegaskan, tantangan tugas di Papua saat ini tidaklah ringan, dan terdapat dua tantangan utama yang jelas dan nyata, yakni penerapan Daerah Otonomi Baru dan agenda Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Masih kata Panglima TNI, dengan disahkannya Undang-undang Daerah Otonomi Baru di Papua, maka saat ini terdapat 6 provinsi dan hal ini tentunya menuntut TNI-Polri untuk beradaptasi mengikuti perubahan yang ada.
Dengan melihat tantangan tugas ke depan, Panglima TNI kemudian memberikan beberapa penekanan untuk menjadi pegangan bagi para prajurit TNI-Polri dalam bersikap dan bertindak di lapangan.

“Yang pertama tingkatkan terus keimanan kalian kepada Tuhan yang maha Esa, menjaga terus sinergitas soliditas dan komunikasi yang baik antara sama aparat khususnya TNI-Polri maupun dengan Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Panglima juga berpesan kepada para prajurit agar mempertajam terus naluri tempur, tetap disiplin dan jangan lengah sedikitpun. Meskipun fokus pada kegiatan pembinaan teritorial namun kewaspadaan tetap harus tetap dijaga.

“Jangan sekali-sekali menakuti dan menyakiti hati rakyat justru sebaliknya kalian harus mampu merebut hati mereka melalui aksi nyata yang bermanfaat, galakkan kegiatan pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan bantu upaya ketahanan pangan sebagai sarana mendekatkan diri dengan masyarakat,” tambahnya.

Panglima TNI juga menekankan pentingnya memahami seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku, para komandan dan perwira harus terus meningkatkan pengetahuan kepada prajurit tentang hukum sehingga pelanggaran disiplin yang berakibat pelanggaran hukum dapat diminimalisir.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa tujuan kunjungan saya bersama Kapolri dan seluruh petinggi Kepala Staf Angkatan TNI dan Polri adalah untuk menyerap aspirasi dari para prajurit sekalian demi kemajuan Papua dan demi kemajuan Indonesia,” tutur Panglima TNI.

Setelah mendengarkan langsung masukan dari anggota, Panglima berjanji akan meneruskan kepada Pemerintah Pusat untuk mengambil keputusan dan kebijakan dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI-Polri di Papua.

“Saya bangga dengan kalian semuanya, tetaplah menjadi Ksatria Pelindung Rakyat, dan jaga agar Merah Putih selalu berkibar di Bumi Cenderawasih, Papua.” pungkasnya.

Setelah pertemuan dan arahan kepada PJU TNI-Polri dan prajurit TNI-Polri di Makodam XVII/Cenderawasih, rombongan kemudian menuju Bandara Sentani untuk melanjutkan Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri ke Timika, Papua Tengah. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No COPY PASTE !!