Dispar Gandeng Pelajar Kenalkan Wisata Kota Jayupura

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Museum) Tahun 2022, pelatihan berlangsung dari tanggal 23 – 25 November 2022, dibuka secara resmi oleh Asisiten II Setda Kota Jayapura, Ir. B. Widy Hartanti, pelatihan digelar di salah satu hotel di Jayapura Kota, Rabu (23/11).

Asisiten II Setda Kota Jayapura, Ir. B. Widy Hartanti mengatakan Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian nasional maupun daerah/lokal.

“Dalam pelatihan ini diharapkan kepada para peserta pelatihan yang notabene banyak anak muda, karena sebagai pemandu wisata budaya diharapkan anak anak muda ini sebagai tongkat estafet dari kita para orang tua, diharapkan mereka bisa memahami tentang wisata wisata budaya budaya yang ada di kota Jayapura, dia bisa memberikan informasi kepada masyarakat di kota Jayapura maupun nanti wisatawan dari luar kota Jayapura dan mancanegara,”ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Matias B. Mano, S.Par mengatakan Kota Jayapura adalah ibukota provinsi Papua dan di mana juga kota Jayapura sebagai Kota transit, kota Jayapura juga memiliki wisata sejarah, wisata alam dan wisata religius dan tentunya adalah wisata budaya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini bagaimana memperkenalkan budaya yang ada di port numbay kota Jayapura, baik itu mulai dari kampung-kampung yang ada di kota Jayapura, Kota Jayapura memiliki 14 kampung.

“Kami perlu memberikan pelatihan secara khusus didalam memberikan informasi yang baik terkait dengan wisata yang ada di kota Jayapura dan sebagai peserta kami mengundang mulai dari pelajar, mahasiswa, para pemandu yang terlibat dalam himpunan pramuwisata indonesia kota Jayapura dan masyarakat yang ada dikampung kampung,”ujar Matias.

“Kota Jayapura dengan 14 kampung yang ada di antaranya dan 10 kampung adat yang memiliki keragaman budaya, walaupun ada di dalam satu kota tapi memiliki keragaman budaya baik itu dari sisi bahasanya, maupun aksesoris budaya, serta tarian untuk pernikahan, perang dan lain sebagainya itu banyak sekali dan bahkan cerita cerita rakyatnya juga cukup banyak karena ini perlu kita perkenalkan ditengah pertumbuhan kota Jayapura yang semakin majemuk dan banyaknya budaya luar yang masuk,”tutupnya (SIL)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *