Example floating
Example floating
KesehatanPendidikan

Madrasah Sehat Dilaunching

129
×

Madrasah Sehat Dilaunching

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Permasalahan Kesehatan anak usia sekolah dan remaja sangat penting agar diperhatikan, untuk mendukung produktifitas dan tumbuh kembang. Beberapa permasalahan yang sering muncul antara lain adalah keterbatasan terhadap akses air bersih, sanitasi dan kebersihan di sekolah. Selain itu, permasalahan beban ganda masalah gizi juga masih menjadi fenomena tersendiri untuk segera dapat di atasi.

Kegiatan sosialisasi dan launching Tim Pembina dan Peta Jalan Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah (UKS/M) di tingkat Provinsi sebagai bentuk perwujudan nyata dari pelaksanaan dan pembinaan UKS/M di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan support dari mitra Yayasan Noken Papua dan Yayasan Gapai Harapan Papua serta UNICEF. Acara berlangsung di SMP N 5 Jayapura, Jl.Raya Abepura Entrop, Jayapura, Sabtu (10/9).

Gubernur Papua, Lukas Enembe diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Portasius Lobya melaunching sekolah Madrasah sehat.

Portasius mengatakan dalam rangka melaksanakan program sekolah sehat secara kebijakan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Jayapura serta Kabupaten Keroom menjadi sekolah-sekolah yang ditetapkan UNICEF untuk menjadi model sekolah sehat.

“Hari ini kita ada di SMP Negeri 5 Kota Jayapura sebagai salah satu sekolah yang menjadi sekolah model yang menerapkan sekolah sehat, sejak dulu program sekolah sehat, lingkungan sehat sudah ada, akan tetapi perlu untuk dibangkitkan kembali” ujarnya

“Sanitasi sekolah seperti adanya air bersih untuk mencuci tangan, toilet antara perempuan dan laki-laki terpisah semua dilakukan sekolah ini luar biasa, ini salah satu sekolah model yang sudah bagus, saya juga sudah keliling disekolah ini, saya pikir bisa menjadi rujukan untuk sekolah lain artinya di lingkungan seperti ini maka secara otomatis manajemen Kepala sekolahnya pasti bagus, kreatifitas dari anak dan didukung oleh pendampingan guru itu sangat bagus”ucapnya

Nutrition Officer Unicef Perwakilan Papua dan Papua Barat, Dwi Kristanto mengatakan
Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan
UKS/M untuk mendorong kualitas kesejahteraan anak usia sekolah dan remaja.

“Setelah melewati serangkaian kegiatan hari ini gongnya, tentunya Kabupaten/Kota yang mungkin belum bisa kami jangkau saat ini untuk mengingatkan bahwa usia kesehatan sekolah dan anak remaja itu sangat penting, melalui UKS dengan adanya kegiatan ini berharap UKS bisa menjadi aktif lagi”ujarnya.

Terutamanya bagaimana sekolah memperhatikan satu sisi dari anak remaja melalui pemberian tablet tambah darah setiap minggunya, kemudian kegiatan sarapan pagi dan aktifitas fisik .

“Kalau kita berbicara masalah UKS sebetulnya masih banyak lagi UKS perlu adanya pendidikan kesehatan ataupun gizi kemudian layanan kesehatan pembinaan lingkungan sehat kita coba mensosialisasikan sanitasi sekolah kemudian manajemen kebersihan menstruasi dan tidak lupa juga isu-isu yang terkini terkait bullying juga menjadi isu ataupun konsen yang terus kami dorong kepada pemerintah daerah”pungkasnya.

Dengan adanya kampanye ataupun launching ini semakin banyak sekolah yang menerapkan sekolah madrasah sehat bukan hanya di Kota Jayapura, tetapi seluruh Kabupaten Kota, ditambah lagi dengan adanya daerah otonomi baru agar bisa menjadi tolak ukur bagaimana pelaksanaan sekolah madrasah sehat.(SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *