Pemprov Papua Kembali Putihkan Denda Pajak Kendaraan

Paraparatv.id |Jayapura | Program pemutihan pajak kendaraan bermotor Pemerintah Provinsi Papua secara resmi dibuka terhitung sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Oktober 2022 selama tiga bulan.

Pemutihan itu sesuai Keputusan Gubernur Provinsi Papua No. 188.4/282/Tahun 2022 tentang pembebasan atau penghapusan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sanksi administrative bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) serta penghapusan biaya balik nama kendaraan bermotor kedua (BBN-KB II), hal ini dijelaskan AKP. Novindriani Sik.MM Kasi STNK Samsat Jayapura di Jayapura, Rabu (3/8).

Hal ini pun tentu menjadi kabar baik bagi warga masyarakat, keringanan kepada para pemilik kendaraan roda dua dan roda empat melalui program pembebasan PKB, BBN-KB dan BBN-KB II.

Untuk penghapusan sanksi administrasi, katanya berlaku bagi PKB dan BBNKB pada tahun berjalan dan saksi administrasi PKB tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya masyarakat cukup membayar pokok pajaknya saja. Namun keringanan itu tidak berlaku untuk pembayaran PKB dan BBNKB kendaraan baru.

“Untuk proses pergantian biaya balik nama STNK dan BPKB tidak gratis tetap dibayarkan sesuai dengan PNBP PP Nomor 76 tahun 2021, disesuaikan roda dua dan roda empat jadi yang dihapuskan itu adalah denda pajak tetapi pajak pokok tetap dibayarkan”ujarnya.

“Berhubung ada program penghapusan denda pajak dan penghapusan biaya balik nama agar masyarakat bisa mendatangi kantor Samsat untuk membayar pajak, selagi mungkin kendaraannya ada yang sudah mati pajaknya ataupun lupa membayar pajak karena untuk dendanya dihapuskan dan mungkin kita pada saat membeli kendaraan bermotor belum balik nama. Hal ini juga tentu akan menjadi potensi pajak dan menambah sumber pendapatan daerah kedepannya” ucapnya

Untuk Jadwal Pelayanan Samsat Jayapura hari kerja Senin-Kamis jam pelayanan pukul 09.00 WIT sampai dengan pukul 14.30 WIT untuk hari Jumat dan Sabtu pukul 09.00 WIT sampai pukul 12.00 WIT. Pelayanan di BPKB Polda pelayanan hari Senin-Jumat. (SIL)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.