Example floating
Example floating
BERITAEkonomi

14 Kampung Di kota Jayapura Terima Paket Orbit Untuk Setahun

92
×

14 Kampung Di kota Jayapura Terima Paket Orbit Untuk Setahun

Sebarkan artikel ini
Example 468x60


Paraparatv id | Jayapura | Sebanyak 14 Kampung di Kota Jayapura telah menerima paket orbit untuk pemanfaatan internet dan teknologi informasi sebagai wujud penyelenggaraan pemerintahan kampung berbasis digital.

Pj. Sekda Kota Jayapura, Robby K. Awi mengatakan hal tersebut merupakan implementasi dari instruksi presiden tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang akan di design sesuai dengan kebutuhan kampung.

“Ini sebagai bentuk kesiapan Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kominfo untuk menindaklanjuti arahan dari instruksi presiden tentang sistem pemerintahan kampung berbasis elektronik atau digital,” ujarnya dalam sambutan resmi di Hotel Grand Abe, Selasa 30 Agustus 2022.

Menurutnya pemerintah kota telah mengupayakan secara maksimal pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk digital yang akan terus mengalami pengembangan sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Tidak lama lagi penyelenggaraan pemerintah Kota Jayapura akan berbasis digital. Hal tersebut telah melalui berbagai tahapan hingga ke tingkat pusat dan sudah disosialisasikan kepada kami para OPD. Dan beberapa diantaranya sudah mengimplementasikannya, misalnya badan keuangan, kesehatan dan dukcapil,” terangnya.

Namun Robby menegaskan mewujudkan hal tersebut tentu tidak mudah. Butuh kerjasama dan konsolidasi berbagai pihak. Agar implementasi dapat terwujudkan dengan teratur, tertib dan terarah berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) benar-benar melalui perencanaan yang matang. “Untuk itu perlu kombinasi, singkronisasi dan kolaborasi dari semua pihak dibutuhkan agar dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan penggunaan yang disosialisasikan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura Binton Nainggolan menyebutkan semua lapisan masyarakat di 14 kampung akan tercoverage dengan pelayanan 4G.

“Harapan kita dari penyerahan untuk semua lapisan masyarakat sudah tercoverage hampir 100% dengan pelayanan 4G karena sisa 1 kampung belum terlayani untuk 4G tapi 1 kampung ini sedang dilaksanakan pembangunan tower BTS permanen sehingga masyarakat nanti disana sudah memperoleh pelayanan,” ujarnya.

Pada kegiatan Sosialisasi Internet dan Website Kampung Bagi 14 Kampung tersebut bekerjasama dengan pihak telkomsel.

“Hari ini kita Kerjasama dengan Telkom. Telkom yang akan mensosialisasikan bagaimana cara menggunakan fasilitas ini sehingga bisa digunakan dikampung. Ini merupakan kerjasama yang berkelanjutan dari Telkom karena sejak awal kita sudah bermitra bergandengan dengan Telkom,” jelasnya.

Pengadaan paket orbit yang bersumber dari dana otsus tersebut diharapkan bisa mendukung pelayanan berbasis digital dengan menggunakan aplikasi yang diperuntukkan bagi pemerintahan kampung.

“Saat ini kedepan kominfo akan mendukung paket datanya untuk khusus kepada orbit ini selama 1 tahun sehingga orbit ini bisa mengudara dalam 1 tahun. Kita lihat nanti berapa giga kebutuhan masyarakat tapi yang jelas minimal 10 mbps ini sudah terpenuhi tergantung pelayanan masyarakat karena orbit ini fleksibel dia bisa kita tambah hingga 50 mbps,” tandasnya. (Rhy)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *