Generasi Muda Harus Terus Lestarikan Budaya Adat Istiadat

Paraparatv.id|Jayapura| Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura meresmikan Rumah Ondoafi Suku Jouwe di Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau, Distrik Jayapura Selatan, Peresmian Rumah Ondoafi Suku Jowe dilakukan secara adat, Senin (4/7) sore.

Mewakili Pejabat Walikota Jayapura Frans Pekey, Asisten 1 Setda Kota Jayapura, Evert Merauje mengatakan pembangunan para-para adat dan rumah Ondoafi menjadi wujud perhatian Pemerintah Kota Jayapura dalam melindungi hak-hak dasar dan kearifan lokal yang ada di Port Numbay.

“Kota Jayapura merupakan salah satu Kota yang paling unik di Indonesia karena masih memiliki wilayah administrative kampung, dimana dari total 14 kampung yang ada, 10 kampung merupakan kampung adat”ucapnya.

Pemerintah Kota Jayapura akan tetap mempertahankan keunikan adat istiadat Budaya Kampung yang ada didalamnya terakomodir nilai-nilai budaya yang sakral dan baik untuk diadopsi dalam tatanan kehidupan pemerintah kampung “ujarnya

“Pelestarian nilai budaya ditengah-tengah pertumbuhan dan perubahan kehidupan masyarakat dewasa ini semakin modern dan cangih cara hidup yang dipengaruhi dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan tekhnologi”, katanya.

Dirinya berpesan untuk para generasi muda tidak boleh melupakan budaya adat istiadat dari tari-tarian adat, pangan lokal dan juga upacara prosesi adat dari masing-masing keondoafian, mari terus melestarikan budaya adat istiadat. (SIL)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.