Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

BKP Tidak Terima Pengiriman dari Luar Papua

108
×

BKP Tidak Terima Pengiriman dari Luar Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas 1A Jayapura, terus melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan ternak untuk menjamin dan memastikan kesehatan hewan terutama sapi mejelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1A Jayapura, Muklis Natsir menyatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban,pihaknya sepakat untuk tidak menerima pasokan ternak dari luar Papua.

“setelah kita melaksanakan rapat koordinasi kewaspadaan Penyakit Mukut dan Kuku (PMK) kita sepakat untuk persiapan idul qurban sapi didatangkan tidak boleh dari luar Papua Jadi sapi itu hanya didatangkan dari provinsi Papua dan Papua Barat,” ujarnya saat di hubungi Jumat (24/6/2022).

Muklis mengatakan kalau dari provinsi Papua, sapi didatangkan dari kabupaten keerom dan Kabupaten Merauke , sementara Papua Barat yaitu dari sorong dan Manokwari. pihak karantina terus melakukan pengawasan yang ketat terhadap hewan rentan maksudnya hewan yang berkuku genap atau hewan yang berkuku belah dengan pengetatan di bandara dan Pelabuhan.

Sesuai dengan kesepakatan bersama pihak balai. Karantina untuk tidak memasukkan sapi atau hewan rentan PMK ke papua dan hal yang sudah dilakukan sejak melaksanakan rapat koordinasi pada tanggal 17 mei 2022 sebagaimana yang disebutkan tadi yaitu melarang masuknya hewan berkuku genap atau berkuku belah seperti , seperti kerbau kambing domba dan babi dan juga produknya ke wilayah Provinsi Papua.

“Pengawasan akan terus dilakukan didaerah sebaran ternak, Surveilan dini juga dilakukan waktu dekat ini juga pelaporan bila ada kasus temuan PMK pada hewan ternak. khusus untuk kami di Karantina Pertanian Jayapura lagi pintu pemasukan, pintu pengeluaran terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap hewan rentan,” ujarnya.

Hingga saat ini belum temuan kasus PMK masuk di Papua, karena sejak adanya penyakit PMK pada ternak di pulau jawa, pihak balai karantina Jayapura langsung lakukan Tindakan antisipasi upaya menghindari dan meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan ternak di Papua.(FB/AI)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *