Uncen Gelar Kompetisi Matematika, Statistika dan Komputer

Kompetisi Matematika, Statistika dan Komputer yang di gelar FMIPA UNCEN
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Cenderawasih (Uncen) menggelar babak Semi Final dan Final kompetisi Matematika, Statistika dan Komputer Tahun 2022, di Auditorium Uncen, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan tersebut ikuti oleh 17 SMA, SMK dan Madrasah se Kota, Kabupaten Jayapura dan Keerom, kompetisi dimulai dari babak penyisihan sejak tanggal 31 Maret 2022 dan dibagi dalam kategori grup dan individu.

SMA N 4 Jayapura Keluar sebagai juara Umum. Juara 2 diraih oleh SMA N 1 Jayapura dan juara 3 diraih oleh SMA N 5 Jayapura.

Sementara juara 1 individu Matematika berhasil diraih Abdullah A. Satria, Juara 2 oleh Carissa Pakpahan dari SMA Lentera Harapan, Juara 3 diraih oleh Angeline C. Simanjuntak dari SMA N 4 Jayapura.

Juara 1 individu Statistik diraih oleh Ferdy J Walelang asal SMA N 4 Jayapura. Juara 2 diraih oleh Rany Rizka Syam Adman dari SMA N 1 Jayapura. Juara 3 diraih oleh Nabilla Salsa Maulani Pangestu dari SMA 1 Jayapura.

Juara 1 individu Komputer diraih atas nama Rianda C. Sinambela dari SMA N 4 Jayapura. Juara 2 diraih oleh Raenault Maxine S. Bandaso dari SMA N 4 Jayapura dan juara 3 di dapat oleh Imerson S. Crysthio dari SMA N 4 Jayapura.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Uncen, Dr. Jhonatan K Wororomi sangat mengapresiasi Kompetisi yang di inisiasi oleh FMIPA beberapa tahun terakhir dan menurutnya penting untuk dilakukan secara berkala.

Ia menegaskan pentingnya sains bagi sumber daya manusia, karena kedepannya bidang-bidang tersebut akan mengambil peran penting dalam pembangunan di masa yang akan datang.

“Bagaimana kita menyiapkan para siswa kita dalam bidang sains. Sebagaimana kita tahu di Papua ini bidang sains tidak begitu banyak diminati oleh para siswa, sehingga dengan cara begini kita bisa mencari cara untuk menumbuhkan minat, talenta muda khususnya di bidang sains dan teknologi,” jelasnya.

Oleh karena itu, sumber daya manusia di bidang sains dan ilmu-ilmu dasar harus diperkuat dengan cara kompetisi dan lomba kepada para siswa sebagai untuk dilanjutkan ke tingkatan universitas.

Sementara itu, Ketua Panitia, Jhosua mengatakan kompetisi ini diselenggarakan untuk mengajak anak muda dan pelajar di Kota Jayapura dan sekitarnya untuk lebih mengenal mata pelajaran yang selama ini di rasa sulit.

“Kita ingin mengenalkan kepada siswa-siswi pelajar bahwa sebenarnya Matematika, Statistika dan komputer itu asik,” katanya.

Ia menambahkan dengan mengenali Matematika, Statistika dan Komputer, peserta didik yang ada di Papua tidak ketinggalan dengan peserta didik dari luar Papua.

“Itu hanya soal angka dan bilangan, masa teman-teman yang di luar bisa sedangkan kita tidak. Kita juga juga mengajak supaya jangan takut dengan matematika,” jelasnya. (KW/GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *