Serba Serbi Kebutuhan Ikan di Papua

Ikan lele siap konsumsi( Febri)
banner 120x600

Paraparatv.id | Sentani | Menjamurnya Unit  Pembenihan Rakyat (UPR) di Danau Sentani, Tak membuat UPR Yosua ini terus maju. UPR Yosua ini merupakan salah satu UPR binaan Pemda Kabupaten Jayapura yang menyediakan aneka bibit ikan air tawar.

Berdiri  sejak  November 2010 lalu, UPR ini menyediakan berbagai macam bibit ikan  dan ikan untuk konsumsi diantaranya ikan lele,mujair, nila,patin,gurame dan bibit ikan hias seperti ikan koi,komet dan koki.

“Jadi sekitar 12 tahun UPR Yosua ini berjalan ,awalnya  kita di bantu untuk bibit ikan lele dan mujair ini terus kita kembangkan, ada juga bibit ikan yang kita beli dari luar ,”ujar Pengelola UPR Yosua, Yosua Bonar Napitupulu yang menempati areal seluas kurang lebih  2 hektar di Hawai Sentani.

Pada awalnya, UPR ini hanya menyediakan bibit lele mulai dari pembibitan dan pembesaran, kini usaha berkembang hingga terus berupaya memenuhi kebutuhan bibit ikan dan ikan konsumsi untuk  ikan air tawar di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Diakuinya, pria asal padang ini membuka UPR ini untuk memenuhi kebutuhan  sejumlah rumah makan, warung dan restoran di wilayah sentani dan sekitarnya hingga ke kota jayapura kini banyak menjadi langganan tetapnya.

Iapun mengakui kendala yang selama ini temui yakni ketersediaan pakan untuk ikan karena pakan yang ini ia datangkan dari luar kota, sehingga waktu pengiriman yang lama membuat pihaknya harus berupaya tetap menjaga ketersediaan pakan untuk ikan.

“ Kendalanya yang pertama pakan ikannya yang kita beli  dari jawa, karena waktu pengiriman yang lama jadi kami harus tetap jaga ketersediaan pakan untuk ikan ini, karena sementara di sini ada, tapi sedikit mahal dan kurang,” ujarnya.

Permintaan untuk  ikan konsumsi di upr yosua ini hampir setiap hari dilayani mulai dari ikan konsumsi permintaan dilayani hingga ratusan kilo perhari begitu juga dengan bibit ikan.

“Kalo permintaan tergantung orderan ada langganan tetap kita biasa order lumayan banyak sampe puluhan kilo, kalo untuk permintaan pembelian konsumsi rumah tangga  biasnyakita layani  1- 2 kilo perhari ,” ujar staff bagian permintaan dan penjualan,Triono

Soal harga yang ditawarkan untuk bibit ikan di upr yosua ini bervariasi  sesuai jenis ikan  dan ukurannya. mulai dari rp.500  sampai ratusan ribu rupiah per ekor/ sementara untuk ikan konsumsi  harga mulai rp.40 ribu hingga rp. 120 ribu per ekor dengan omzet perbulan mencapai 50 juta dengan profit 5-10 juta.(FB/SRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *