Sentani kebanjiran, Rambutan dan Duku Tumpah Ruah

Lapak buah-buahan di Ruas jalan Doyo Sentani
banner 120x600

Paraparatv.id | Sentani | Musim panen buah-buahan di beberapa wilayah Kabupaten Jayapura membuat sejumlah Pedagang kaki lima yang menjajakan buah Rambutan dan duku di sepanjang jalan Kota Sentani Doyo.

Pedagang Kaki lima di sepanjang jalan Sentani – Doyo, kini mulai menggelar dagangan buah- buahan mereka terutama buah rambutan dan duku.

Menurut pedagang, banjirnya buah buahan ini akibat berbagai wilayah memasuki musim panen terutama Sabron maupun Dosay.

Marni salah satu Pedanggan Buah yang sehari-hari menjual buah-buahan di sepanjang jalan Pertigaan Doyo Baru dan Doyo lama mengungkapkan semenjak musim buah rambutan dirinya lebih banyak menjajakan dagangannya berupa buah rambutan yang di datangkan dari Sabron

“Musim jadi ini kami ambil dari Petani di sana Sabron, baru kami jual lagi di sini ” ujar Marni saat di temui Rabu, (2/3/ 2022)

Menurut Marni, buah yang di jual saat ini di beli dari pemilik Pohon di Sabron dengan Harga kisaran Dua Puluh Ribu Rupiah Per kilo kemudian di jual dengan harga Rp. 35.000 hingga Rp.50.000 per kg tergantung dari jenis dan kualitas buah rambutan yang di pilih

” Kalau yang harga beda-beda itu tergantung rasa dan kualitas buah, seperti rambutan Aceh dan lainnya, ” katanya.

Berbeda dengan Yosepina, yang menjual buah dukuĀ  langsung dari pohon sendiri yang di bawa dari Demta, dirinya mengaku menjual dengan harga sedikit rendah dari pedagang lainya yakni Rp. 30.000.00/kg.

“karena dari pohon sendiri Kaka, saya hanya paling keluar di ongkos kendaraan saja, selebihnya untuk kebutuhan keluarga hasilnya” tuturnya.

Yosepine mengaku meski harga jualnya murah namun duku yang dijual berkualitas buahnya dengan lebih segar dan manis promonya. (NM/SRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *