Sambut Ramadhan, Pasar Tiban Tawarkan Aneka Kuliner Khas Jogya

Ketua Satu (I) Paguyuban Warga Ngayogyakarto (Pawarto) Papua , Heri Wahyudianto (tengah-belakang) foto bersama anggota pengurus di tenda (stand) pasar Tiban, halaman parkir kantor Perpustakaan Daerah Papua. Sabtu, 26 Maret 2022. (Diles Yumthe)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Pasar Tiban atau umum disebut pasar dadakan merupakan aktifitas perekonomian khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang hanya digelar pada waktu tertentu alias tiba-tiba.

Di Papua, khususnya di Kota Jayapura, Paguyubuan Warga Ngayogyakarto (Pawarto) mengadakan pasar Tiban sebagai momen silahturahmi jelang memasuki bulan suci Ramadhan.

Paguyuban ini telah lahir di ibu kota Papua sejak 4 April 2020 lalu sebagai wadah kerukunan dan merangkul handai tolan atau kerabat dan keluarga besar yang merantau di Bumi Cenderawasih.

Pantauan tim kami di lokasi pasar Tiban, sejak pukul 10 pagi,  pelaku-pelaku usaha asli Jogja menjajakan beraneka jajanan tradisional seperti Gudeg, Bakmi Godog, Lupis, Tahu Guling, Cenil, dan Jahe Merah. Berbagai kekhasan sajian menu itu begitu diincar para pengunjung yang mampir.

Heri Wahyudianto kepada Paraparatv.id, mengatakan tahun 2022 ini merupakan tahun kedua pihak Pawarto-Papua adakan pasar Tiban dan dibuka untuk umum.

“Pasar Tiban ini sudah kita laksanakan yang kedua kali. Yang pertama lingkup teman-teman keluarga Pawarto. Sekarang kita buka untuk umum,” kata Heri mengungkapkan bahwa pihaknya pun belum berniat membuka pasar Tiban secara rutin setiap pekan atau bulanan. Sabtu (26/3/2022).

Ketua Satu (I) Paguyuban Warga Ngayogyakarto di Papua ini juga bertekad ke depannya Pawarto bersama pemerintah daerah setempat akan mendukung berbagai kegiatan dari setiap paguyuban yang ada.

“Kalau bisa, kita tidak sendiri, ajak pemerintah, ajak paguyuban yang lain untuk setiap bulan atau setiap minggu, kita hadir begitu (membangun kebersamaan setiap paguyuban).” Harapnya.

Pasar Tiban dibuka sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT, lokasi yang dipilih pihak penyelenggara saat ini di halaman parkir kantor Perpustakaan Daerah Provinsi Papua, Jalan Raya Abepura, Wai Mhorock, Kota Jayapura.

Pelaku UMKM lokal setempat juga dilibatkan sebagai suatu kekerabatan bersama membangkitkan pertumbuhan ekonomi tingkat daerah.

Pengurus Pawarto merencanakan Pasar Tiban menjadi salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan satu bulan secara periodik dengan lokasi terbagi di lima distrik se-Kota Jayapura. (AY/GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *