Didik Mental dan Pengetahuan, 82 Karateka KKI Uncen di Tempah

Para Kohai saat mengikuti penyeragaman Gerakan (Gashuku) di Halaman Auditorium Uncen, Sabtu, 26 Maret 2022.
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Guna menjalankan program rutin selama 3 bulan Dojo Kushin Ryu M Karate-Do (KKI) Uncen Karate Sport gelar Gashuku Tingkatan KYU yang berlangsung di halaman Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Sabtu, 26 Maret 2022.

“Evaluasi dari setiap program latihan selama 3 bulan kita lakukan Gashuku untuk menyeragamkan semua gerakan atau materi karate yang telah di terima para kohai dari sabuk putih kyu Tujuh hingga sabuk coklat kyu Dua” Kata Amon Kosay, Sabtu, (26/3)

Mantan atlit pelatnas ini menegaskan Gashuku dan ujian kyu ini adalah regenerasi yang secara rutin dilakukan Dojo KKI Uncen Karate Sport sejak tahun 80an Dojo KKI Uncen terbentuk.

” Gashuku dan Ujian kyu adalah kegiatan yang sudah lama dilakukan sejak lama dan saya sendiri mengikuti tahapan ini dan ini mendukung prestasi saya saat ini,” ungkap Amon.

Sementara itu, Kordinator Sabuk Hitam Dojo KKI Uncen Karate Sport Jorsul Sattuan mengatakan tujuan dari Gashuku untuk menyeragamkan gerakan materi aliran Karate Kushin Ryu yang telah di kembangkan sejak 1967 di Tanah Papua.

“Materi Gashuku bukan saja tentang beladiri, tetapi juga pemahaman sejarah berkembangnya KKI di Indonesia khususnya Papua, serta pengetahuan umum dan implentasi hidup dari 10 pedoman karate-do KKI,” kata Jorsul.

Jorsul mengungkapkan, perjalanan Dojo KKI Sejak generasi terdahulu banyak memberikan sprit motivasi bagi generasi kami yang terus berinovasi sesuai perkembangan jaman tanpa mengurangi tradisi perguruan, sehingga Dojo KKI Uncen Karate Sport banyak berkontribusi untuk tanah Papua.

” Kami punya generasi sebelumnya orang-orang hebat yang ilmunya di turunkan ke kita dan seterusnya hingga saat ini terus kami pertahankan prestasi dan tradisi, salah satunya menjalankan program Gashuku dan Ujian kyu,” jelasnya.

Ketua panitia Gashuku dan Ujian Kyu Dojo Uncen Karate Sport Tahun 2022 Ester Livelin Mebri, menjelaskan terdapat 83 kohai yang telah menyelesaikan ujian tertulis dan mengikuti tahapan penyeragaman gerakan atau Gashuku.

Direncanakan mereka akan menyelesaikan Ujian kenaikan tingkatan kyu dengan sejumlah materi ujian seperti fisik dan mengenal alam sekitarnya serta praktek di pos induk yang di pusatkan di Dojo

” Ada beberapa tahapan yang peserta akan lalui, kita menghindari kontak fisik sudah bukan jamannya tetapi mereka akan lalui sejumlah rintangan alam termasuk diri mereka sendiri,” jelas Ester

Dojo KKI Uncen Karate Sport merupakan salah satu Dojo terbesar Di Tanah Papua dan Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT Sebagai Pelindung.

Dojo KKI Uncen sendiri berperan penting dalam perkembangan karate di Tanah Papua, dan untuk tim PON 2020 lalu sebanyak 4 Atlet yang turut dalam skuad tim karate PON Papua yakni Erfit Naninti, Ester Livelin Mebri, Christin Fautngiyanan Dan Nabet Tabuni. Selain itu, Imanuel Fakdawer yang perkuat Atlet PON Tarung Drajat. *(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *