Persipura Kena Sanksi

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Persipura Jayapura menerima sanksi berat akibat tidak hadir di lapangan I Wayan Dipta, Gianyar Bali untuk  bertanding melawan Madura United pada laga tunda pekan ke-22 BRI Liga 1, 21 Februari 2022 lalu.

Kasus yang menyeret tim berjuluk Mutiara Hitam itu ke hadapan Komisi Disiplin PSSI setelah sebelumnya PT. Liga Indonesia Baru (PT LIB) menuding Persipura Jayapura telah melanggar ketentuan yang diatur dalam pasal 58 ayat (1) jo pasal 141 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

Ada empat keputusan yang dikeluarkan oleh Komdis PSSI dengan merujuk kepada Pasal 58 ayat (1) jo Pasal 9 ayat (2) jo Pasal 13 ayat (3) dan ayat (5) jo Pasal 141 ayat (1), (2) Kode Disiplin PSSI Tahun 2018. Keputusan yang dibuat yaitu:

• Tim Persipura Jayapura diberikan hukuman sanksi kalah 0-3 dari Madura United FC.

• Pengurangan 3 (tiga) point (forfeit).

• Denda sebesar Rp. 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah)

• Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat.

Meski demikian, Komite Disiplin PSSI memberikan pertimbangan hukum yakni hal-hal yang meringankan antara lain bahwa tim Persipura Jayapura secara mandiri melakukan swab test rapid antigen pada hari (H) pertandingan, 21 Februari 2022.

Selain itu, Tim Persipura Jayapura juga telah melaporkan kepada PT LIB terkait perkembangan kesehatan semua pemainnya.

Hasil sidang Komdis PSSI telah dilakukan pada 8 Maret kemarin di Jakarta dengan nomor surat keputusan Komite Disiplin PSSI  071/L1 /SK/KD-PSSl/III/2022. Komdis PSSI dalam putusannya juga memberikan hak banding kepada Persipura Jayapura sebagaimana tertuang dalam ketentuan pasal 119 Kode Disiplin PSSI.

Hingga berita ini diturunkan, pihak manajemen Persipura Jayapura belum menyampaikan keterangan resmi terkait keputusan Komdis PSSI tersebut. (AY/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *