BERITA  

Kota Jayapura Jadi Daerah Pertama Memberikan Laporan Keuangan Di BPK Provinsi Papua

Sekda Kota Jayapura saat menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Jayapura kepada BPK Provinsi Papua Foto: Sisil
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Kota Jayapura adalah daerah pertama yang menyerahkan Laporan Keuangan Unaudited untuk selanjutnya diperiksa oleh BPK.

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Papua, Arjuna Sakir dalam sambutannya pada Acara Serah Terima, Penerimaan Laporan Keuangan Unaudited dari Pemerintah se-Provinsi Papua TA 2021 kepada BPK Perwakilan Provinsi Papua, mengatakan pihaknya akan segera memeriksa hasil pelaporan keuangan Pemerintah Kota Jayapura.

“Perlu kami sampaikan bahwa tim yang akan memeriksa Kota Jayapura kali ini adalah tim KAP (KAP Erfan & Rakhmawan Cabang Surabaya) yang akan bekerja untuk dan atas nama BPK, sehingga standar pemeriksaan yang digunakan sama dengan yang digunakan BPK yaitu SPKN”Ungkapnya.

Dengan telah diserahkannya laporan tersebut, maka sesuai ketentuan pasal 17 ayat (2) dan (3) UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab Keuangan Negara, maka BPK berkewajiban menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kepada lembaga perwakilan dari DPRD dan kepada daerah selambat lambatnya 2 (dua) bulan setelah menerima laporan dari pemerintah daerah.

“Untuk itu kami harapkan dokumen pendukung atas laporan yang sudah diserahkan sudah lengkap dan telah memenuhi syarat untuk diserahkan” terangnya.

Pemeriksaan laporan keuangan segera dilakukan oleh BPK dalam rangka memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah, Pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal material dan sesuai dengan prinsip akuntansi.

Informasi keuangan yang disajikan dalam masing masing LKPD didasarkan kepada kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Ditambahkan kepala BPK “sebagai pengingat bahwa opini atas laporan keuangan TA 2020 pemerintah kota jayapura adalah WTP dan hal ini merupakan WTP yang kedelapan kali sejak tahun 2013, untuk itu pihaknya mengharapkan Walikota dan Wakil Walikota mendorong jajaran di bawahnya agar mendukung setiap pelaksanaan pemeriksaan sehingga pelaksanaan pemeriksaan dapat berjalan dengan baik”.

“Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan oleh BPK, tetap mengutamakan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah, pihaknya menjamin bahwa seluruh tim yang akan kami tugaskan sehat dan tetap memenuhi persyaratan penanganan covid-19 yang berlaku pada pemerintah daerah”. Tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Jayapura Dr. Frans Pekey dalam wawancara dengan wartawan mengatakan sesuai dengan amanat peraturan perudang undangan keuangan negara bahwa selambat lambatnya tiga bulan setelah tutup tahun anggaran Gubernur, Bupati, walikota menyampaikan laporan keuangan kepada BPK RI untuk di audit.

“Karena itu untuk memenuhi amanat undang undang itu bertepatan dengan hari ini hari kamis 24 Maret jadi masih bulan maret, bulan ketiga belum terlambat, kami pemerintah kota, hari ini telah menyerahkan laporan keuangan TA 2021 untuk diaudit oleh BPK RI perwakilan Papua bersama sama dengan tim pemeriksa dari akuntan publik yang telah ditunjuk oleh BPK perwakilan papua materinya hari ini sudah diserahkan dan menurut rencana tim melakukan audit mulai hari senin tanggal 28 maret 2022” katanya.

Dengan penyerahan laporan ini maka pemerintah kota siap untuk diaudit, baik dari sisi kesiapan dokumen dokumen ataupun juga terkait dengan hal hal teknis pelaksanaan oleh tim, nanti disiapkan oleh teman teman dari BPKD kemudian dibantu fasilitasi oleh teman teman dari inspektorat kota untuk mendampingi tim.

“Mudah mudahan dalam proses pelaksanaan audit yang menurut undang undang itu maksimal dua bulan setelah penyerahan atau penerimaan laporan dari pemerintah daerah itu bisa terpenuhi sehingga pemerintah kota bisa mendapatkan hasilnya, meskipun memang harapan kita komitmen pemerintah kota, baik walikota dan seluruh jajaran adalah bahwa masih pada komitmen untuk mempertahankan opini WTP, mudah mudahan harapan itu doa kami dan juga komitmen pemerintah kota untuk bisa tercapai dan kami siap dan selalu bersedia untuk melakukan komunikasi koordinasi kerjasama dengan team audit yang akan memeriksa dipemerintah kota jayapura” ungkapnya.

“Untuk itu saya harap kepada teman teman dari opd baik itu dari keuangan, inspektorat dan semua opd pengguna anggaran pemerintah kota untuk standby artinya selalu bersedia menyiapkan dokumen dokumen pengelolaan keuangan di opd-nya dan juga sesuai dengan tata, bukti dan fakta serta informasi yang tersedia, sehingga sajian data informasi itu betul sesuai dengan tata fakta yang ada apa yang kita lakukan tentu itulah kemudian akan dinilai di evaluasi oleh tim audit dan hasilnya adalah dengan opini”.

Ditambahkan Frans Pekey “kita berdoa mudah mudahan akan berjalan lancar sehingga tepat pada waktunya bisa selesai dalam audit ini dari informasi disampaikan kepala BPK bahwa ternyata pemerintah kota jayapura untuk TA 2021, penyerahan tahun 2022 hari ini, ternyata menjadi daerah yang pertama kali menyerahkan laporan keuangan untuk diaudit, di Provinsi Papua dari 28 Kabupaten 1 kota dan Provinsi.

Pertama pihaknya bersyukur bisa menjadi yang pertama untuk menyerahkan laporannya dan tepat waktu dan berharap materi atau isinya dari yang kita sajikan data dokumen informasi juga bukti bukti yaitu berkualitas, kemudian juga memenuhi standart akuntansi pemerintah dan juga baik dari realisasi arus kas kemudian penataan aset betul betul memenuhi standart audit yang telah ditentukan.

“Saya yakin bahwa antara teman teman dari opd, pemerintah kota dan tim audit akan bekerja sama untuk suksesnya pemeriksaan laporan keuangan pemerintah kota jayapura tutupnya, acara penyerahan ini berlangsung di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Papua.( SIL/GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *