Ini Pernyataan sikap Masyarakat Tabi Soal DOB Papua

Ketua Forum kepala daerah Se-tanah Tabi, Mathius Awoitauw (tengah kameja putih)
banner 120x600

Paraparatv. id | Sentani | Forum kepala daerah se-Tanah Tabi mengeluarkan empat pernyataan sikap mendukung pemekaran Provinsi Papua yang di deklarsikan melalui hasil pertemuan kepala daerah dan tokoh-tokoh adat dan Pemuda se-tanah Tabi yang berlangsung di sentani, Jumat 11 Maret 2022.

Ketua Forum kepala daerah Se-tanah Tabi, Mathius Awoitauw menegaskan pertemuan tersebut adalah pertemuan atau rapat rutin yang digelar pihaknya. Akan tetapi, pihaknya juga menghadirkan para tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda serta semua komponen untuk berbicara tentang wilayah adat Tabi.Tabi ini dulu wilayah Kabupaten Jayapura, hingga merupakan suatu keluarga besar dan bagaimana menjaga daerah ini untuk peradaban bagi masyarakat Papua sekarang dan kedepannya.

“kita dalam dinamika akhir-akhir ini, tidak boleh melupakan jati diri kita karena itu kita tidak ikut dalam suasana yang dibangun dengan narasi yang menciptakan kebencian,kita juga harus mendukung dan hargai upaya pemerintah pusat yang telah memberi otonomi khusus yang berpihak pada orang asli papua.untuk mempercepat pelayanan pemerintah sampai ke daerah itulah harus ada pemekaran,” kata Awoitauw.

Empat pernyataan sikap yang dideklaraikan langsung usai pertemuan kepala-kepala daerah dan tokoh adat serta pemuda se-Tanah Tabi ini yakni:

1.Mendukung Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Papua meliputi DOB Provinsi Papua Selatan, DOB Provinsi Papua Tengah dan DOB Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

  1. Meminta Gubernur Papua, DPR Papua, MRP untuk merespon dan menangani dinamika sosial politik yang berkembang di Tanah Papua.
  2. Mendorong Pemerintah Pusat untuk tetap konsisten dalam pelaksanaan Otonomi Khusus di Provinsi Papua, dan
  3. Meminta kepada Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi untuk melakukan perlindungan dan konsolidasi terhadap hak-hak masyarakat adat di wilayah adat Tabi.
    pernyataan sikap itu dibacakan oleh Ketua Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi Mathius Awoitauw.

Daerah Otonomi baru atau DOB di provinsi papua di rencanakan akan membagi sejumlah wilayah provinsi papua yang disesuaikan dengan wilayah adat di Tanah Papua. (FB/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *