HUT 112 Tahun, Jayapura menjadi Mercusuar Peradaban Papua

Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano didamping Istri serta wakil walikota Jayapura Dr Ir. H Rustan Saru MM dan Istri saat berikan sambutan puncak Acara HUT ke 112 kOta Jayapura.
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Wali Kota Benhur Tomi Mano canangkan Kota Jayapura sebagai mercusuar pembangunan peradaban Papua yang modern dan humanis.

Pencanangan tersebut dijelaskan Wali Kota Benhur Tomi Mano dalam pidato resminya, bahwa tatanan dunia saat ini memiliki persaingan yang kompetitif di segala bidang.

“dengan modal tanah yang luas dan kekayaan sumber daya alam yang sangat besar, maka tentu membutuhkan sosok seorang pemimpin yang harus berpikiran dan berpandangan luas, tidak terbelenggu pada pandangan kedaerahan primordial yang kaku,” ujarnya.

Benhur menuturkan upaya mengeluarkan diri dari proteksi afirmasi yang menjadikan Papua kerap tertinggal dan tak memiliki daya saing secara nasional maupun global. Selain itu, disebutkan pula Papua saat ini membutuhkan sosok pemimpin yang berjiwa intrapreneurship untuk dapat mengelola kekayaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Dengan memasuki era modern saat ini maka pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi pengaturan sudah saatnya menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan modern berbasis teknologi informasi atau e-goverment secara serius.” Tambahnya.

“Mengajak semua lapisan masyarakat dan para stakeholder serta kelompok strategis untuk bangkit melakukan gerakan mobilisasi kehidupan kemasyarakatan, pemerintahan yang taat asas, sosial, budaya, daya saing ekonomi, serta demokrasi yang lebih dewasa dan berkeadaban.” Ucap Benhur Tomi Mano menyerukan pidatonya di atas podium kehormatan yang didampin gi Ibu Wali Kota Jayapura serta Wakil Wali Kota bersama Ibu. Senin,( 7/3/2022)

“Satu hati membangun Tanah Papua untuk kemuliaan Tuhan, sebuah motto yang mulia, jadi tanggungjawab pemerintah membangun tanah ini bukan hanya kepada masyarakat, akan tetapi harus bertanggungjawab juga kepada Tuhan. Dengan demikian, maka seorang kepala daerah harus hidup dan tinggal bersama rakyatnya, ikut merasakan denyut jantung dan getaran jiwa kemudian memperjuangkannya. Tidak membiarkan rakyat dengan ratapan sendiri. Pemimpin yang membangun untuk semua kelompok dan lapisan masyarakat tanpa pilih kasih,” ujarnya.

“Mari kita bangun Papua dan Kota Jayapura ini dengan semangat humanisme yang tinggi. Sebab agama, adat dan pemerintah berjalan dan akan bermuara pada keselamatan jiwa manusia.” tutup Benhur Tomi Mano.

Upacara peringatan HUT ke 112 Kota Jayapura terlaksana sederhana dan khidmat, dihadiri oleh tamu undangan forkompimda, peserta upacara dan segenap warga yang mengikuti secara langsung, serta dengan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan Covid19. Dalam momen tersebut, Wali Kota Benhur Tomi Mano mengajak agar sifat amarah, benci dan dengki, sentimen suku, ras dan agama ditanggalkan dalam balutan motto Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased. (AY/SRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *