7000 UMKM Kota Jayapura sudah diberikan Pendampingan

Robert L. N Awi
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Jayapura mengungkapkan hingga tahun 2022 pemerintah Kota Jayapura telah mendata sebanyak 17.211 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar dikota Jayapura. Namun hanya 7000 UMKM yang mendapatkan pendampingan, pembinaan dan pemberian bantuan oleh Disperindagkop Kota Jayapura.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Robert L. N Awi saat di temui pada acara Upacara HUT kota Jayapura ke 112 di Lapangan Trisila Angkatan Laut Hamadi.

“UMKM dari jumlah tersebut diatas telah kami lakukan pendampingan, pembinaan, pelatihan dan pemberian bantuan jumlahnya sebanyak 7000 orang”.ungkap Robert , Senin (7/3/2022)

Untuk itu, Pihaknya telah merekrut lima fasilitator setiap tahun, guna mendampingi kurang lebih sekitar 200 pelaku usaha setiap tahun.

“khusus dibidang perdagangan dan industri ada sekitar kurang lebih 200, untuk dibidang koperasi ada sekitar 60 koperasi setiap tahun dan bidang UMKM sekitar 250 setiap tahun,” terangnya.

Soal pemberian bantuan, Awi mengemukakn konsep yang terus dilakukan kepada UMKM yang ada, dimana pelaku usaha yang pertama adalah mendatanya terlebih dahulu, kemudian dilakukan pendampingan.

“setelah satu tahun berjalan kami akan evaluasi apakah layak menerima bantuan atau tidak, dan apa bila layak baru akan kami berikan bantuan tersebut,” lanjutnya.

Khusus UMKM Digital, UMKM digital itu dikhususkan sebab mereka yang manajemen operasionalnya sudah berjalan dengan lebih baik, sedangkan untuk kelas industri rumah tangga kebawah itu hampir semua belum tersentuh. (SIL/SRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *