BTM Sukses Pimpin 10 Tahun, Ini 3 Poin Penting Kepada Walikota Berikutnya

Michael Manufandu (kiri) Bersama Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano. (JT)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Mantan Wali Kota Jayapura membeberkan tiga hal fundamental pembangunan berkelanjutan di Bumi Port Numbay.

Michael Manufandu saat ditemui usai upacara peringatan HUT ke 112 Kota Jayapura, mengatakan bahwa ada tiga hal mendasar terkait dengan perkembangan Kota Jayapura sekaligus meminimalisir isu kemaslahatan sosial di masa mendatang.

“Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan untuk perlu diperhatikan pemimpin kota ini berikutnya. Kita tahu kemajuan kota dapat menimbulkan kecemburuan sosial di antara penduduk kota, untuk itu masalah ekonomi, yaitu menciptakan pasar yang baik, tidak bisa asal-asal saja. ke dua masalah sosial, ini penting sekali sebab masyarakat kota ini masyarakat majemuk, dari berbagai macam suku perlu diperhatikan. Dan ke tiga terkait masalah lingkungan hidup.” Katanya saat diwawancarai di lokasi upacara. Senin, (7/3/2022).

Manufandu menggarisbawahi hal tersebut dengan menyebut harus ada sosok pemimpin yang tegas setelah masa jabatan Wali Kota Jayapura saat ini berakhir.

“Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan pemimpin kota yang bijak, tegas, dan bisa menegakan hukum dan aturan yang berlaku.” Ujarnya.

Menjabat sebagai Wali Kota Jayapura sejak 1989 hingga 1993, pencetus motto Kota Beriman (Bersih, Indah dan Nyaman) itu juga mengatakan semua warga Kota Jayapura berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan, hal itu dimaksudkan Manufandu agar dampak bencana alam tidak semakin parah di waktu mendatang.

“Setiap warga kota, kecil, besar, tua dan muda, pendidikan tinggi atau pendidikan rendah, semua punya kewajiban menjaga kota ini sebagai Kota Beriman.” Serunya.

Manufandu memberikan apresiasi atas kepemimpinan Benhur Tomi Mano sebagai Wali Kota Jayapura yang menjabat selama sepuluh tahun (2 periode), sebab mampu mengelola pemerintahan dengan sangat baik dan melibatkan peran aktif warga dalam mengembangkan diri.

“Kemampuan Wali Kota selama sepuluh tahun ini, dia bisa mengelola dengan baik, semua orang terlibat, semua orang berperan, semua orang berinisiatif, ada kebebasan untuk mengembangkan diri di kota ini. Dan itu baik sekali. Wali Kota dengan perangkatnya memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat, dan dekat dengan masyarakat.” Katanya.

Michael Manufandu selaku senior pamong pemerintahan juga pernah aktif dalam International Union of Local Authority (IULA), tak menampik berbagai isu tentang Papua, karenanya, dia mendorong setiap kebijakan pemerintah wajib dipahami seluruh warga, serta pemerintah juga harus mampu untuk memenuhi dan menjamin warganya dapat hidup aman dan damai. (AY/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *