Example floating
Example floating
BERITAPeristiwaSosial Budaya

BKKBN Papua Kukuhkan Duta Cegah Stunting dan Bunda Generasi Berencana

237
×

BKKBN Papua Kukuhkan Duta Cegah Stunting dan Bunda Generasi Berencana

Sebarkan artikel ini
Prosesi pengukuhan dilakukan secara simbolis dengan disandangkannya pita lebar tanda pangkat (selempang) oleh Gubernur Papua dalam hal ini Sekda didampingi Deputi Dalduk dan Kepala Perwakilan BKKBN Papua. Kamis (31/3/2022). (AY)
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Papua menggelar acara pengukuhan Duta Cegah Stunting dan Bunda Genre (Generasi Berencana) yang melibatkan peran ketua Tim Penggerak PKK provinsi, kabupaten dan kota se Tanah Papua sebagai aktor utama percepatan penurunan stunting di tingkat keluarga.

Sambutan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe yang diwakili oleh Sekda Ridwan Rumasukun menyampaikan, melalui pengukuhan Duta Cegah Stunting dan Bunda Genre Papua dapat memperkuat komitmen bersama penurunan angka stunting di Papua.

“Stunting adalah salah satu masalah besar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang harus menjadi perhatian kita bersama.” Kata Sekda Rumasukun saat membacakan isi sambutan Gubernur Papua.

Penanganan stunting, dikatakan Sekda, sesuai instruksi presiden bahwa BKKBN ditunjuk sebagai ketua pelaksana upaya percepatan penurunan stunting dan harus bahu membahu membantu dengan semua OPD, sektor swasta dan masyarakat perlu menjalin hubungan yang harmonis dalam mendampingi dan mengedukasi keluarga.

Gubernur memberi apresiasi kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua atas kemajuan serta kerja keras bersama jajaran dalam menjalin kemitraan dengan berbagai pihak sebagai bentuk konvergensi dalam penurunan angka stunting.

Gubernur juga mengimbau kepada Tim Penggerak PKK yang dikukuhkan sebagai duta cegah stunting dapat mengedukasi keluarga tentang makna seribu hari pertama kehidupan (HPK).

Selain itu, TP PKK dalam mengemban tugas sebagai duta cegah stunting dan Bunda Genre, Gubernur berpesan agar dapat menghantarkan remaja-remaja menjadi calon orang tua yang cerdas dan sehat sehingga melahirkan anak-anak yang berkualitas bebas stunting.

Akhir sambutan. Gubernur mengajak seluruh pihak bersatu hati membangun keluarga dengan menerapkan sinergisitas dan kerjasama demi Papua yang bebas stunting dan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berkeadilan.

Kepala BKKBN Pusat , DR. dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) diwakili Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com membacakan naskah pengukuhan Duta Cegah Stunting dan Bunda Genre secara langsung disaksikan Gubernur Provinsi Papua yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Asisten II Setda Provinsi Papua, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Wakil Wali Kota Jayapura. Berlangsung di gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok II, Kota Jayapura. Kamis (31/3/2022).

Selanjutnya, setelah pembacaan ikrar Duta Cegah Stunting dan Bunda Genre oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua, Ny. Yulce W. Enembe, SH. Dengan demikian Tim Penggerak PKK provinsi, kabupaten dan kota se Tanah Papua secara resmi dikukuhkan.

Prosesi pengukuhan dilakukan secara simbolis dengan disandangkannya pita lebar tanda pangkat (selempang) oleh Gubernur Papua dalam hal ini Sekda didampingi Deputi Dalduk dan Kepala Perwakilan BKKBN Papua.

Acara pengukuhan ini merupakan serangkaian kegiatan BKKBN Provinsi Papua dengan tujuan membangun komitmen bersama mitra kerja tentang arah kebijakan dan strategi operasional Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA) dan percepatan penurunan angka stunting.

Sebelumnya, perwakilan BKKBN Provinsi Papua telah melaksanakan kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) selama dua hari yang dikemas dalam agenda pra rakerda (29/3) dan rakerda (30/3) di Hotel Horison Padang Bulan Abepura.

Dalam rangkaian Rakerda, BKKBN Papua juga telah meneken nota kesepahaman bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua, Unicef, Poltekes, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uncen, Fakultas Kesehatan Masyarakat Uncen, Fakultas Kedokteran Uncen, dan Kwarda Gerakan Pramuka Papua. (AY)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *