20 Pencaker Kota Jayapura Jalani Pelatihan Mengemudi

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru saat mengalungkan tanda peserta Pelatihan Mengemudi bagi pencaker
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM membuka pendidikan dan pelatihan keterampilan mengemudi bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi tahun 2022. Di Hotel Mercure kota Jayapura, Selasa, 29 Maret 2022.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan data pencari kerja di kota jayapura tercatat 10.566 pencaker dan anak papua kurang lebih 500, pelatihan keterampilan mengemudi ini sangat bermanfaat sehingga bisa tercipta lapangan kerja dimasa pandemi covid 19.

Rustan berharap 20 peserta latihan pengemudi mendapatkan sertifikat dan juga surat ijin mengemudi berupa SIM. “Mereka diajar bagaimana bisa membawa kendaraan dengan baik dan benar dan disiplin juga bertanggung jawab untuk keselamatan kenyamanan penumpang yang dia bawa sehingga nanti mereka bisa berprofesional dibidangnya masing masing,” jelasnya.

Kondisi ini, sesuai dengan visi misi Wali Kota Jayapura agar betul betul mereka bisa mandiri dan setelah nanti mereka akan sejahtera setelah bekerja, mereka bisa berkembang menggunakan aplikasi teknologi berupa gojek atau ojol.

Rustan Saru mengatakan pemerintah daerah lewat disnaker agar membangun komunikasi baik dengan perhotelan misalnya atau jasa lain ketika ada sesuatu yang butuh driver ataupun pengemudi yang profesional lengkap dengan sertifikat,

“kita minta apa yang kita didik hari ini jangan dilepas begitu saja tetapi dikontrol lewat aplikasi kita, lewat nomor kontak mereka sehingga sewaktu mereka belum mendapatkan pekerjaan dan kita ada peluang itu tentu kita akan ambil kembali untuk di distribusikan kepada yang meminta,”cetusnya

Harapannya para peserta ini dapat terpantau dalam kerja kerja yang profesional sampai berhasil. “Kita berharap ini menjadi langkah yang sangat baik dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat di tanah Papua terutama anak anak muda kita”. tutup Rustan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si mengatakan tujuan dari kegiatan ini meningkatkan keterampilan bagi angkatan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja, menyediakan lapangan kerja bagi pencari kerja di kota Jayapura, mempersiapkan tenaga kerja yang kompoten pada bidang kejuruan yang dilatih.

“Kegiatan dilakukan selama 20 hari sejak tanggal 29 Maret sampai dengan 23 April 2022, Lokasi pelatihan mengemudi bertempat di pantai Base G Jayapura Utara,” jelasnya.

Selain itu, pelaksanaan pelatihan pengemudi ini bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta yang ada di Kota Jayapura, bersertifikasi yang juga merupakan mitra dari Disnaker Kota Jayapura.

Peserta pelatihan adalah pencari kerja yang berdomisili di Kota Jayapura yang direkrut dari lima distrik yang ada di Kota Jayapura dan telah memenuhi persyaratan salah satunya yang mempunyai KTP Elektronik Kota Jayapura, Pelaksanaan pelatihan seluruhnya dibebankan kepada DPA, OPD Disnaker Kota Jayapura Tahun anggaran 2022. (SIL/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *