Musim Rambutan Tiba

Dina Yaboisembut salah satu pedagang buah-buahan di Jalan Genyem, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (11/2/2022). (Foto: Gres)
banner 120x600

Paraparatv.id | Sentani | Masa pergantian musim hujan ke kemarau mulai berlangsung, buah rambutan pun masuk masa panen dari beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya di Kertosari, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, sejumlah warga berjajar di samping ruas jalan utama menawarkan hasil panen buah rambutan.

Sekedar anda tahu, buah rambutan dengan nama latin Nephelium lappaceum masih satu keluarga dengan buah leci, kelengkeng, dan matoa. Apabila diperhatikan, tampak mirip dengan buah leci.  Buah rambutan asal dari Asia Tenggara, salah satunya Indonesia ini memiliki kandungan gizi dan vitamin berbeda dengan buah leci.

Buah yang identik dengan rasa manis atau asam ini, tergantung dari jenis rambutan tersebut. Nah, untuk rambutan dari Kertosari ini, dikenal dengan rambutan Kertosari (hasil kawin silang) dan rambutan Binjai, sementara rambutan Nona rasanya sedikit asam.

Dina Yaboisembut salah satu petani yang menjual hasil panen buah-buahan dari kebun miliknya mengaku telah berjualan buah cukup lama. Dari sekian buah yang dijual, salah satunya buah rambutan kertosari (buah lokal dari Kampung Kertosari).

“Semua buah yang saya jual ini, hasil dari kebun saya. Untuk rambutan kertosari ini saya jual dengan harga 25 ribu rupiah per kilogramnya,” kata Dina saat ditemui tim paraparatv di Jalan Raya Genyem, Kabupaten Jayapura, Jumat (11/2/2022).

Ia mengaku dalam sehari dapat meraup untung lima ratus ribu hingga satu juta rupiah disaat musim rambutan tiba. Namun, dirinya juga mengaku kerap kali pulang dengan keuntungan kecil, apabila musim rambutan telah habis masa panen.

“Buah-buah yang saya jual ini, jamin kesegarannya. Kalau untuk pendapatan tergantung, kadang saya hanya bisa bawa pulang 50 ribu kadang. Kalau lagi musim rambutan seperti ini saya bisa dapat satu juta,” ujarnya.

Buah rambutan memiliki kandungan nutrisi yang kaya pada buah rambutan ini menawarkan segudang khasiat yang baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah rambutan yang dilansir dari hallodoc seperti melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko diabetes dan membantu mengontrol tekanan darah.

Apabila anda penggemar dan penikmat buah rambutan dan melintasi Jalan Genyem Sentani, jangan lupa mampir untuk membeli dan merasakan kesegaran buah-buah hasil petani lokal Distrik Sentani Barat tersebut. (GR/ITH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *