Tahun 2022, Ini langkah PDAM Jayapura layani Pelanggan

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura akan meningkatkan pelayanan air bersih kepada pelanggan di 2022 mendatang.

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengungkapkan peningkatan pelayanan tersebut akan dilakukan diantaranya dengan merehabilitasi jaringan air di daerah yang dianggap mengalami kebocoran cukup tinggi.

Secara teknis, tingkat kehilangan atau kebocoran air yang cukup tinggi di kota Jayapura dilakukan dengan sengaja atau tidak disengaja, ditambah efektivitas penagihan yang rendah, dimana dari 36.400 pelanggan PDAM, hanya 50 persen pelanggan yang aktif membayar tagihan.

“Harus ada pergantian pipa, bisa kita lihat fasilitas perpipaan di beberapa titik, terutama perumnas 3 Kamwolker masih ada kebocoran selain juga pengrusakan ataupun sambungan liar, begitupun beberapa titik di kota Jayapura dan sekitarnya, sehingga akan kita lakukan rehabilitasi untuk meminimalkan kebocoran air,” ungkapnya di ruang kerja, Senin (27/12/2021).

Selain merehabilitasi aliran air, PDAM Jayapura juga akan meningkatan cakupan pelayanan dengan melakukan penyaluran pipa sehingga masyarakat dapat memperoleh air bersih.

“Di Muara Tami kita akan lakukan pemasangan pipa baru karena saya lihat beberapa perumahan dan sepanjang jalan protokol masih membutuhkan layanan PDAM, termasuk Sentani dan beberapa titik di kota Jayapura,” katanya.

Sementara dari sisi administrasi, PDAM Jayapura juga akan memperbaiki pola layanan pada cabang-cabang pelayanan yang didukung peningkatan SDM.

“Kita akan membuat peningkatan kenyamanan pelanggan. Kita buat senyaman mungkin ruang pelayanan dan mengupdate teknologi informasi dengan meningkatkan personil di aplikasi PDAM info dan Si PDAM Pintar,” ungkapnya.

Dikatakan bukan hanya itu, akan ada command center atau ruang media untuk memantau kondisi PDAM, termasuk didalamnya yang akan dikembangkan di 2022 adalah aplikasi geographic information system (GIS)

“Upaya yang akan kami lakukan adalah mendigitalisasi peta jaringan PDAM kedalam sebuah data yang terintegrasi. Jadi nanti jaringan pipa dari jaman Belanda atau republik bisa kelihatan, termasuk titik koordinat pelanggan, katanya.

Ditambahkan, sepanjang tahun 2021, PDAM Jayapura telah melakukan program yang mempengaruhi pelayanan PDAM dengan membangun jaringan di Lantamal Jayapura menggunakan biaya sendiri, termasuk melebarkan pelayanan di muara Tami dengan memasang 300 sambungan pipa di perumahan Grand Rolo.

Termasuk dalam rangka peningkatan kualitas air, tahun 2021 PDAM telah mampu melakukan peningkatan produksi terhadap sodium hypochlorite atau larutan disinfektan untuk membunuh bakteri pada air bersih. (Kris/Sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *