Bangun Nasionalisme lewat Lagu Perjuangan

Kopda Aan Kurniawan Babinsa Koramil 1709-04/Yapen Barat Kodim 1709/Yawa saat mengajarkan anak-anak kampung Poom 2 Distrik Poom, Kabupaten Kepulauan Yapen
banner 120x600

Paraparatv.id | Serui | Dalam rangka membangun kembali pengetahuan dan kecintaan para generasi muda terhadap Lagu-lagu Nasional, Kopda Aan Kurniawan Babinsa Koramil 1709-04/Yapen Barat Kodim 1709/Yawa  di sela-sela hari libur tidak patahkan semangatnya menyambangi dan mengajari Anak-anak yang ada diwilayah binaannya di Kampung Poom 2 Distrik Poom, Kabupaten Kepulauan Yapen dengan menyanyikan dan menghafalkan Lagu Kebangsaan dan Lagu Nasional, Minggu(19/01/2021).

Diungkapkan babinsa, lagu perjuangan Nasional Indonesia saat ini jarang diputar maupun dinyanyikan, hanya diperdengarkan pada hari-hari besar kebangsaan ataupun upacara dan bahkan, pamornya semakin meredup dan tergeser oleh lagu-lagu populer yang ada saat ini sehingga banyaknya generasi muda yang tidak hafal terhadap lagu kebangsaan, lagu perjuangan dan lagu Nasional Indonesia, sebab itulah dirinya berinisiatif untuk menghidupkan kembali pengetahuan lagu nasional sejak dini kepada anak-anak yang ada diwilayah binaannya.

“Sangat penting untuk menghidupkan kembali lagu-lagu perjuangan nasional di kalangan generasi muda, dengan harapan, memori kolektif bangsa tidak akan pudar dan hilang digantikan oleh kepentingan pasar atau lainnya”.tandasnya.

Dirinya mengungkapkan, ini menjadi tanggung jawab kita bersama baik dari keluarga, guru-guru dan semua pihak untuk menghidupkan lagu-lagu perjuangan Nasional karena lagu ini masuk lewat rasa sehingga lebih mudah dirasakan dan dihayati, sebab dibalik lagu-lagu perjuangan mengandung hikmah, pesan, dan amanat kebangsaan yang tidak bisa diwakili oleh lagu-lagu yang kebanyakan untuk kalangan dewasa  yang sering diperdengarkan sehari-hari di media.

“meskipun mereka tak hafal dengan lagu kebangsaan dan lagu perjuangan nasional, namun mereka sangat antusias dan penuh keceriaan untuk mempelajari dan menghafalkan lagu-lagu tersebut”.

Sebagai anggota TNI berharap, semoga kedepannya tak ada lagi generasi muda bangsa ini yang tak mengetahui dan tak hafal dengan lagu kebangsaan dan lagu perjuangan Nasional. pungkas Kopda Aan.(HB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *