Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar: Hadapi PON XX, Angka Persentasi Vaksinasi Covid-19 di Kota Jayapura Sangat Bagus

0
43
Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo, Billy Mambrasar

Paraparatv.id | Jayapura | Tiga bulan berada di Provinsi Papua jelang PON XX, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Billy Mambrasar komunikasi secara langsung kepada Presiden Joko Widodo terkait pembangunan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat serta persiapan sang tuan rumah Papua laksanakan PON ke-20 tahun 2021.

Agenda selama berada di Papua, dijelaskan Billy bahwa dirinya memantau dan mengabarkan kepada Presiden Joko Widodo berkaitan dengan percepatan pembangunan, dan persiapan sang tuan rumah Papua laksanakan PON ke-20 tahun 2021.

“Saya sudah berkeliling Papua tiga bulan. Jadi memang perintah dari Presiden untuk berkeliling langsung di masyarakat. Jadi setiap hari ada laporan yang saya berikan ke Presiden untuk Presiden tindaklanjuti langsung, ada hal-hal apa yang saya sampaikan memang rahasia, langsung Bapak Presiden tindaklanjuti berkaitan dengan percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat,” jelas Billy kepada awak pers usai ikuti rangkaian acara Semarak PON XX Kota Jayapura di PTC Entrop, Sabtu (11/9) malam.

Ketika ditanyai tentang program vaksinasi Covid-19, Billy Mambrasar mengurai upaya yang dilakukan pemerintah Kota Jayapura untuk mencapai target rata-rata nasional yakni 70 persen vaksinasi tahap pertama sudah sangat baik.

“Tingkat vaksinasi sudah mencapai lebih dari 55 persen, ini angka yang jauh di atas angka rata-rata kota lain, kalau kita bandingkan seperti Provinsi Aceh atau provinsi yang lain, angka ini bagus sekali, jauh melebihi yang lain untuk vaksinasi tahap pertama,” ungkap Billy.

Guna mencapai target terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok) di tengah masyarakat Kota Jayapura, Billy menyampaikan perlunya sosialisasi yang lebih sering agar target 70 persen untuk vaksinasi tahap pertama mampu tercapai dan diikuti program vaksinasi tahap ke dua.

“Vaksinasi tahap dua masih 38 persen memang butuh sosialisasi yang lebih lagi, dan saya lihat Wali Kota Jayapura sudah berusaha keras dan hasilnya juga maksimal,” ujar Billy seraya memuji.

Berkenaan dengan vaksinasi Covid-19, Billy mengatakan bahwa diskusi lebih lanjut bersama Presiden Joko Widodo belum teragenda, sementara informasi berkaitan dengan persiapan Provinsi Papua selaku tuan rumah PON XX intens dikabarkan secara langsung kepada Presiden Jokowi.

“Untuk diskusi tentang vaksinasi belum spesifik, belum ada diskusi dengan Pak Jokowi, tapi saya berdiskusi tentang PON. Respon Bapak Presiden sangat positif, dan Bapak Presiden sangat exitced (bersemangat) ingin segara turun ke sini (Kota Jayapura),” ucap Pria bernama lengkap Gracia Josaphat Jobel Mambrasar.

Meski masih ditemui pekerjaan infrastruktur pendukung yang belum rampung di tiap venue, Billy Mambrasar mengoreksi terhadap penyelenggaraan yang perlu dimantapkan.

“Beberapa infrastruktur pendudukung memang harus diperbaiki, tapi saya lihat secara fisik sudah siap seratus persen, hanya penyelenggaraan yang harus betul-betul dimatangkan lagi,” imbuhnya.

Billy Mambrasar berharap pelaksanaan PON XX di Papua khususnya di klaster penyelenggara Kota Jayapura dan semua masyarakat untuk bersama-sama dapat memastikan PON XX terselenggara dengan sukses, aman dan lancar.

“PON ini memberikan harkat, harga diri buat Kota Jayapura bahwa kita mampu menjalankan acara nasional sehingga ke depannya acara nasional seperti ini bisa digelar dengan penuh rasa percaya diri.” Tandas Billy Mambrasar. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here