Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Hukum dan Kriminal

Nilai langgar UU, Kuasa Hukum DS Ajukan Gugatan Praperadilankan Kejati Papua

×

Nilai langgar UU, Kuasa Hukum DS Ajukan Gugatan Praperadilankan Kejati Papua

Sebarkan artikel ini
Press release yang diselenggarakan oleh Tim Kuasa Hukum DS di salah satu hotel di Jayapura (IND)
Example 468x60


Paraparatv.id | Jayapura | Pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua pada 9 Agustus 2021 dalam kasus korupsi dana hibah subsidi penerbangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Waropen tahun anggaran 20217-2018, DS selaku pemilik PT PGP mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jayapura.

Tim Kuasa Hukum DS yang diketuai M.Yasin Jamaluddin menyampaikan bahwa alasan kliennya mengajukan gugatan praperadilan lantaran Surat Perintah Dimulainya Penyidikan atau SPDP telah kedaluwarsa dan tidak mempunyai dua alat bukti sesuai Pasal 184 KUHAP.

Terkait penghitungan kerugian negara, Yasin mengatakan, yang berhak melakukan penghitungan dan mendiclare adanya kerugian negara hanya Badan pemeriksa Keuangan atau BPK.

“Sepanjang pengetahuan kami tehadap kasus ini, yang menghitung kerugian negara yang melakukan penyidik Kejati. Kalau penyidik melakukan penghitungan sendiri, maka itu bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan terutama Surat Edaran Mahkamah Agung atau SEMA Nomor 4 Tahun 2016,” ujar Yasin kepada pararatv.id, Selasa (31/8)

Pihaknya akan mendukung proses penyidikan terhadap tindak pidana korupsi, tetapi kondisi hukum yang berjalan saat ini dari Kejaksaan Agung sedang melakukan penegakan hukum secara humanis yaitu restorative justice atau keadilan restoratif yakni tidak selalu berakhir di pengadilan.

“Tetapi yang dilakukan Kejati terhadap klien kami justru bisa menimbulkan preseden buruk. Salah satu tujuan dalam pemberantasan korupsi adalah mengembalikan keuangan negara. Klien kami secara sukarela tanpa menunggu hasil audit BPK telah mengembalikan kerugian negara, semestinya ini diapresiasi, bukan ditetapkan sebagai tersangka. Restorative justice dalam perkara ini harusnya dikedepankan,” ujar Yasin.

Pihaknya berharap, hakim dengan adil melihat bukti – bukti yang ada dan bisa mengabulkan permohonan gugatan tersebut, terutama membatalkan status tersangka kliennya.
Gugatan tersebut telah diajukan pada 23 Agustus 2021, sidang perdana sedianya digelar pada Jumat 27 Agustus 2021, namun tertunda, sehingga baru digelar pada Senin 30 Agustus 2021.

Gugatan tersebut telah diajukan pada 23 Agustus 2021, sidang perdana sedianya digelar pada Jumat 27 Agustus 2021, namun tertunda, sehingga baru digelar pada Senin 30 Agustus 2021.

Sebelumnya, Kepala Kejati Papua, Nikolaus Kondomo mengatakan, tersangka DS adalah pemilik perusahaan PT. PGP yang menerima dana hibah subsidi penerbangan helikopter dengan rute Nabire – Kirihi dan Walani.

Meskipun pada tanggal 19 Februari 2021 lalu, tersangka telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp. 9.666.000.000 ke Kejati Papua, namun kasus tersebut masih terus didalami.

“Dan dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, tim penyidik Kejati Papua pada tanggal 9 agustus 2021, menetapkan DS sebagai tersangka pada kasus tersebut, berdasarkan dua alat bukti yang cukup kuat, yaitu keterangan saksi dan sejumlah dokumen,” jelas Nikolaus dalam keterangan pers virtual, Jumat lalu

“Dari hasil pemeriksaan 9 orang saksi diantaranya dari BPPKAD Waropen, penangungjawab Bandara Nabire, AirNav Cabang Nabire, diketahui bahwa penggunaan dana hibah subsidi penerbangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Waropen tahun anggaran 2017-2018, diketahui bahwa PT. PGP tidak melaksanakan kewajibannya, dalam hal ini jumlah atau volume penerbangan, seperti yang tertuang dalam NPHD,” sambungnya.

Selain itu, tim penyidik juga menemukan adanya pertanggungjawaban penggunaan dana hibah tahun 2017 yang belum lengkap, namun anggaran untuk tahun 2018 dana hibah tetap dicairkan oleh Pemda.

“DS selaku penyedia barang dan jasa dinilai bertanggung jawab pada kasus tersebut, dan meskipun sudah mengembalikan kerugian negara, namun hal itu tidak serta merta menghentikan penyelidikan kasus dugaan korupsi dana hibah subsidi penerbangan di Kabupaten Waropen,” kata Nikolaus.

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun DS belum ditahan, sebab hal itu merupakan kewenangan penuh dari tim penyidik. Saat ini tim penyidik juga masih mendalami adanya peran oknum -oknum tertentu, yang berpotensi sebagai tersangka pada kasus tersebut.

Pada kasus dugaan korupsi dana hibah subsidi penerbangan yang menggunakan APBD Kabupaten Waropen tahun anggaran 2017-2018, tersangka DS akan dijerat dengan primer pasal 2, Jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999, Jo UU Nomor 20 tahun 2001, Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 – KUHP, subsider pasal 3 Jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999, Jo UU Nomor 20 tahun 2001, Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 – KUHP.

“Dalam kasus tersebut, seharusnya PT. PGP menggunakan dana hibah subsidi tersebut untuk melayani penerbangan masyarakat, namun ternyata hal itu tidak dilakukan, sehingga menimbulkan kerugian terhadap keuangan negara,” kata Nikolaus. (Redaksi/IND)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *