Mengenal Fungsi Tugas PLBN Skouw

0
105
Kepala PLBN Skouw, Yan Z. Numberi

Paraparatv.id | Jayapura | Memahami fungsi dan tugas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang Terletak di wilayah perbatasan negara RI-PNG, tepatnya di Desa Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Penyelenggaraan fungsi utama PLBN Skouw yakni menangani dan mengawasi lalu lintas manusia, lalu lintas barang antar negara (ekspor-impor).

Fungsi lainnya juga yaitu turut andil mengembangkan pertumbuhan ekonomi penduduk perbatasan setempat. Serta menjadi tempat potensial tujuan (destination) wisata, baik lokal maupun lintas negara.

“Dengan demikian Pos Lintas Batas ini dibuat menjadi tempat untuk seluruh kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, budaya, bisa dilaksanakan di Pos Lintas Batas.” Kata Yan Z. Numberi, selaku Kepala PLBN Skouw saat ditemui oleh tim Paraparatv.id di ruang kerjanya. Selasa (06/07/2021).

Sementara, dalam melaksanakan tugas pokok di PLBN Skouw, didukung oleh CIQS. CIQS yaitu Customs (Bea Cukai), Imigration (Imigrasi), Quarantine (Karantina), dan Security (TNI & Polri). Ke-lima lembaga tersebut merupakan unsur penting dalam tubuh Pos Lintas Batas Negara.

“Tugas-tugas kami, saya selaku administrator mempunyai tugas yaitu sebagai fasilitator atau yang memfasilitasi seluruh tugas-tugas di Pos Lintas Batas ini yang di dalamnya ada CIQS.” Yan Numberi menambahkan.

Untuk diketahui bahwa di PLBN Skouw ini juga telah menyelenggarakan event-event internasional seperti Festival Cross-Border dan Border Trade. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here