Kelistrikan PLN Sukseskan PON Papua

0
51
Pasukan Elit PLN sebelum terjun melistriki wilayah seputaran Kota Jayapura, Papua. (Foto: ITH)

Paraparatv.id | Jayapura | Pekerjaan kelistrikan di empat klaster guna mendukung pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ditargetkan selesai bulan Agustus 2021 mendatang. Hal ini di tegaskan General Manager (GM) PLN Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid sebagai bentuk turut sukseskan perhelatan olahraga tingkat Nasional di Bumi Cenderawasih.

Dikatakan Farid, event nasional 4 tahunan terpusat di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kota Jayapura ini dan memiliki 41 venue pertandingan serta 223 lokasi yang perlu disuplai listrik secara aman dan andal guna kelancaran kegiatan PON XX Papua.

“Hingga saat ini pekerjaan kelistrikan untuk PON XX secara keseluruhan hampir selesai. Kami telah menyelesaikan pembangunan jaringan baru dan penguatan sistem kelistrikan di sebagian besar lokasi,” kata Farid belum lama ini.

Foto dari udara venue utama PON XX Papua yang telah di listriki PLN. (Foto: Humas PLN Papua dan Papua Barat)

Selain fokus dalam penyelesaian pekerjaan fisik, PLN juga menjamin suplai daya seluruh venue PON dengan estimasi  sebesar 16,24 MW dari pembangkit di masing-masing lokasi adalah  cukup.

“Untuk daya mampu listrik di keempat lokasi tersebut rata-rata surplus sekitar 38% dari beban puncak saat ini. Dengan kebutuhan daya tambahan untuk PON XX, kami perkirakan surplus daya masih berkisar 30%,” lanjut Farid.

Selain itu, kata Farid, pihaknya telah menyiapkan peralatan pendukung untuk memastikan suplai listrik tetap aman apabila terjadi gangguan pada sistem utama, antara lain Unit Gardu Bergerak (UGB), Unit Kabel Bergerak (UKB), Unit Kabel dan Kubikel bergerak (UKKB), UPS Mobile serta Mobile Genset.

“Peratalan pendukung tersebut akan kami siagakan di lokasi-lokasi venue dan titik-titik strategis saat PON XX berlangsung sehingga suplai listrik tetap terjaga,” ujar Farid.


Untuk kesiapan personel, pihaknya akan menyiagakan 564 petugas untuk mengamankan pasokan listrik gelaran 4 tahunan tersebut. Para personel tersebut akan bertugas mulai 19 September hingga 17 Oktober 2021 nanti. (SS/Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here