Belum Rampung Sejumlah Venue Kluster Kota Jayapura, jadi tanggung jawab Siapa?

0
130
Wali Kota Jayapura dan Ketua Harian PB Pon Papua menujukan berita acara pendantanganan pergeseran anggaran Sub PB PON Kota Jayapura.

Paraparatv.id | Jayapura | Pekan Olahraga Nasional ke 20 tahun 2021 (PON XX) Papua menyisakan waktu kurang lebih tiga bulan. Sejumlah persiapan penyelenggaraan di tiap klaster seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika serta Kabupaten Merauke masih ditemukan kendala-kendala yang perlu ekstra  kerja untuk diselesaikan.

Salah satu contoh klaster Kota Jayapura, sebagai Sub Panitia Besar PON XX, Kluster ini memiliki jadwal pertandingan yang cukup banyak di antara tiga Klaster lainnya, kesiapan alat-alat pendukung pada enam belas venue belum sepenuhnya memadai.

“(Seperti contoh) Belum ada surat kepada rektor tentang penggunaan lapangan sepak bola Machandra Uncen, penggunaan GOR-nya untuk sepak takraw, penggunaan GOR-nya untuk binaraga.” Ungkap Ketua Umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat menghadiri rapat dengan agenda Berita Acara Serah Terima Tugas Fungsi, Tanggung Jawab dan Anggaran Penyelenggaraan dari PB PON XX kepada Sub PB PON XX Jayapura.Jumat, 11 Juni 2021.

Sebelumnya, terkait anggaran penyelenggaraan untuk tiap klaster menjadi sorotan Wali Kota Jayapura ini, disamping itu tugas-tugas pembenahan venue juga belum jelas menjadi tanggung jawab pihak siapa.

“Semua venue tidak luput dari masalah. Kita komitmen itu dikerjakan oleh siapa, apakah Disorda atau PUPR, apakah kalau kita tidak perbaiki, kita tidak lengkapi, pertandingan bisa dilaksanakan atau tidak. Itu saja intinya.” Jelas BTM.

Sementara, Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda mengungkapan bahwa tidak ada masalah dengan agenda yang dilaksanakan yakni penyerahan anggaran kepada setiap klaster penyelenggara.

“Konsep persoalan pemahaman kita terkait dengan nilai saja. Ini adalah nilai dari hibah APBD, sekarang nilai hibah APBN itu kami nggak bisa bicara hari ini, kami PB PON tidak berani bicara karena fisiknya belum ada di kami.” Ungkap Wakil Ketua I DPRP Papua ini.

Pihak PB PON XX mengagendakan kegiatan yang sama akan dilakukan di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

Sementara Sub PB PON XX Kota Jayapura telah menerima anggaran penyelenggaraan senilai 108 Milyar Rupiah.

Secara perhitungan jumlah pertandingan yang akan berlangsung pada klaster penyelenggara seperti Kota Jayapura yakni akan menyiapkan pertandingan untuk 22 cabang olahraga pada enam belas venue yang ada. (Ardiles)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here