Anjing Husky Ilegal Digagalkan TNI AL

0
70
Anjing Jenis Huskey ilegal yang telah di amankan petugas. (Foto: Kris)

Paraparatv.id | Jayapura | Tim Satuan Tugas (Satgas) Operasi Intelijen Maritim (Intelmar) Noken Jalawaskita-21 Lantamal X Jayapura gagalkan pengiriman 3 ekor Anjing jenis Husky yang masuk ke Kota Jayapura secara ilegal dari Surabaya, Jawa Timur.

“Tiga ekor Anjing Huski ini dikirim gunakan Kapal Motor (KM) Ciremai dari Surabaya. Selanjutnya kami akan lakukan pendalaman,” kata Komandan Lantamal X Jayapura, Laksamana Pertama TNI Yehezkiel Katiandagho, Selasa, (25/5/2021).

Dijelaskan, tim satgas mencurigai seorang Anak Buah Kapal (ABK) melempar gardus berwarna hitam dari atas KM Ciremai ke satu unit speedboat saat KM.  

“Tim mendekati Speedboat tersebut dan memeriksa isi kardus dan mendapatkan 3 ekor Anjing jenis Husky yang rencananya akan diberikan kepada pemesan berdomisili di Dok 2 Jayapura,” kata Danlantamal.

Seluruh barang bukti dan pelaku, lanjutnya, di giring menuju Satrol Lantamal X Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dikatakan Danlantamal, ke-empat pelaku berinisial J (54), I (30), O (34) dan Y (34).

“Tiga diantaranya berprofesi sebagai tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan Yos Sudarso Jayapura,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain tidak memiliki dokumen, binatang peliharaan tak diijinkan masuk Ke Papua untuk pencegahan penularan virus.

“Hewan peliharaan sudah menjadi keputusan dari pemerintah daerah untuk dilarang masuk ke Papua, sekalipun ada dokumen tetap akan dikembalikan,” kata Danlantamal.

Hal ini di lakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Papua Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pemasukan Hewan-Hewan Tertentu ke wilayah Provinsi Papua. (Kris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here