Titik Terang Kebangkitan Mebel Lokal di Papua

0
167
Diskusi antara Disperindagkop Papua dan Koperasi Produsen Papua Timber Jaya bersama pemilik industri mebel di Kota Jayapura, Papua, Rabu (28/4/2021). (Foto: ITH)

Paraparatv.id | Jayapura | Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua bekerja sama dengan Koperasi Produsen Papua Timber Jaya berkolaborasi bersama industri kecil mebel dan kerajinan kayu lokal untuk meningkatkan produksi berkualitas ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Kalau tak sekarang, kapan lagi. Kita harus bisa memproduksi tampat tidur ke luar Papua bahkan kalau bisa ke luar negeri. Kayu-kayu kita berkualitas, selama ini kayu kita di kirim ke Surabaya dan mereka disana buat tempat tidur, meja lalu di jual ke Papua,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay saat memaparkan materi olahan kayu industri mebel pada salah satu Hotel berbintang Kota Jayapura, Papua, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, untuk mencapai hal itu pemerintah dan koperasi siap menjadi media promosi serta pembuka jalan bagi industri kecil seperti mebel dan pengrajin kayu di Papua, yang selama ini terkendala dalam hal modal, alat dan penjualannya. “Nanti kami siap membantu dalam berbagai hal, seperti melakukan pelatihan-pelatihan dan lainnya,” dikatakan Kadis.

Ditempat yang sama, Ketua Koperasi Produsen Papua Timber Jaya, Alexandra Ivona menuturkan hadirnya koperasi ini di Papua untuk memajukan Sumber Daya MAnusia (SDM) dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, nantinya di produksi menjadi furnitur, asesoris, dekorasi interior dan rumah yang terbuat dari kayu keras.

“Kami juga memiliki kesatuan hati untuk bisa mendaur ulang banyaknya Limbah kayu di Papua, supaya bisa diproduksi dan dipasarkan ke seluruh Indonesia, serta mengekspor ke pelanggan di seluruh dunia,” kata Alexa.

Saat ini kata Alexa, pihaknya masih mendata industri-industri mebel di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Sarmi dan Kabupaten Jayapura untuk di lakukan kerjasama dan tetap di bawah pengawasan ketat Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua.

“Kami yakin bisa menggapai harapan untuk kemajuan Papua, terlebih menopang perekonomian daerah. Saya berharap teman-teman industri mebel dan pengrajin kayu lainnya dapat bersinergi dengan koperasi dari segala aspek sehingga apa yang di harapakan dapat tercapai,” kata Alexa.

Dalam kegiatan diskusi serta pengenalan Koperasi Produsen Papua Timber Jaya juga di hadiri pemilik industri kecil mebel dan interior dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom. (ITH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here