Billy Suwae Siap Maju Pilkada Jayapura, Melanjutkan Jejak Alm. Ayahnya

0
154

Paraparatv.id | Sentani | Politisi Mudah Partai Perindo Billy Suwae menyatakan sikap, siap untuk maju sebagai orang Bakal Calon Bupati Jayapura  karena derasnya arus dukungan dari masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura, untuk melanjutkan jejak Alm. Ayahnya Habesl Melkias Suwae sebagai Tokoh Pemberdayaan Kampung.

Putra Mendiang Alm. Mantan Bupati Jayapura dua Periode Habel Mekias Suwae (HMS)  Billy Suwae sudah menentukan sikap akan maju atau tidak sebagai bakal calon Bupati Jayapura periode 2022-2027 mendatang, hal itu karena derasnya dukungan dan kerinduan dari masyarakat akan sosok Alm Ayahanya  Habel Melkias Suwae yang  pernah memimpin negeri khena mbai umbai dua periode.

Kesempatan itu di sampaikan Billy Suwae ketika di temui di Sekretariat DPD Partai Perindo Kabupaten Jayapura Kemiri Sentani sabtu, 20 Januari 2021.

Dalam bincang-bincang bersama awak media yang bertandang ke markas Perindo tersebut. sosok yang merupakan putra ke 4  yang cukup akrab dengan mendiang ayahnya Alm. HMS itu, mengutarakan bahwa meski  dukungan cukup deras dari masyarakat adat di tinggkat bawah tetapi sampai saat ini dirinya belum mengambil sikap akan maju atau tidak sebagai bakal Calon Bupati Jayapura

“ Saya baru mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh adat di Kabupaten Jayapura , sebagian daari pesisir sebagainn lagi dari wilayah atas Yapsi, Kaureh, Airu Unurumguay. Rencana maju saya masih menunggu revisi UU pilkada, saya belum mengambil keputusan tapi langkah-langkah kosolidasi kita bangun karena tujuan kita ke depan membesarkan partai Perindo Kabupaten Jayapura“ Ungkapnya saat di temui, Sabtu, 30 Januari 2021

Ditanya mengenai kesiapan dirinya  Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Jayapura ini mengaku sangat siap, karena adanya kerinduan dari masyarakat Kabupaten Jayapura  dengan sosok sang (Alm) Bapa Pemberdayaan Kampung  HMS, sebagai tokoh pencetus program Pemberdayaan Kampung membangun dari Kampung

“Kalau kesiapan sudah ada dukungan , berarti ada kerinduan dari masyarakat untuk apa yang pernah di lakukan bapa saya, dan saya harus melanjutkan, “ ujarnya.

Billy Suwae bahkan menyampaikan pesan para tokoh-tokoh adat di Kabupate Jayapura sehingga dirinya siap untuk maju sebagai bakal calon Bupati Jayapura kedepan nantinya.

Meski Partai yang di peganng Putra HMS ini hanya memiliki satu kursi di DPRD Kabupaten Jayapura, namun Billy Suwae belum menentukan siakp politik untuk rencana kualisi dengan partai-partai pendukung lainya jika sikap untuk maju sebagai bakal Calon Bupati tersebut terwujud

“Terkait dengan siap atau tidak siap, kita juga bergerak untuk diskusi Politik dengan teman-teman ketua partai yang lain untuk bagaimana bisa mendapatkan perahu, “ Katanya .

Sementara ini, tututr Billy Suwae sikap DPW Partai Perindo Provinsi Papua  untuk mendorong kader partai, sehingga alasan dirinya di dorong oleh Masyarakat adat yakni  ingin membangun kabupaten Jayapura melanjutkan kepemimpinan dari Alm. Bapaknya Habel Melkias Suwae sebagai Bapa Pemberdayaan Kampung   dan Bupati Matius Awoitauw   sebagai bapa Kebangkitan Adat 

“dan saya rasa adat ini perlu di rangkul dalam membangun Kabupaten Jayapura, karena hari ini pembangunan itu terhambat karena masalahnya itu selalu dengan adat, jadi saya pikir itu sebagian pikiran saya, “ tuturnya.

Sehingga untuk itu anak Asli Kampung Tablanusu Distrik Depapre Kabupaten Jayapura Ini mengakui, bahwa dirinya selalu berkonsultasi dengan Adat, karena menurutnya adat adalah bagian elemen paling penting untuk berhadapan dalam sebuah proses keberhasilan sebuah Pembangunan di sebuah daerah. (Nesta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here