Korem 173/PVB Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tsunami Di Wilayah Yapen

0
68
anggota gabungan saat melakukan silumalsi penanganan pertolongan bagi warga yang menjadi korban bencana tsunami

Paraparatv.id  | Serui | Dalam rangka penanganan terjadinya bencana alam, Korem 173/ Paraja Vira Braja (PVB) melaksanakan praktek teknis latihan penanggulangan bencana alam di wilayah kabupaten kepulauan yapen, di ikuti oleh para satuan jajaran terkait lainnya yaitu anggota Kodim 1709/YAWA, Kompi Kipan E 753 Arga Viratama ( AVT ),  Polres Kepulauan Yapen, Basarnas, BPBD Kabupaten Kepulauan Yapen, Damkar, Sat Polpp, Dishub Yapen dan tim medis Kesehatan Yapen.

Praktek teknis penanggulangan bencana alam, di lakukan di Kampung Serui Laut tepatnya di Pantai Pasir Putih yang mana melibatkan warga setempat secara langsung. yang terkena bencana tsunami, semua kejadian di lakukan mulai dari awal terjadinya bencana alam, di bunyikan alarm telah terjadinya bencana alam guna memberitahukan warga agar dapat berkumpul di titik – titik kumpul warga yang di anggap tempat aman, proses penyelamatan korban baik yang tenggelam maupun korban lainnya, mengevakuasi korban dari laut untuk di bawah ke posko bencana alam guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Kasiops Rem 173 Paraja Vira Braja (PVB) Letkol Inf Rudianto menjelaskan, kegiatan untuk melatikan kepada masyarakat dan para anggota gabungan baik TNI Polri dan instansi lainnya dalam penanganan apabila nantinya terjadi bencana alam tsunami di serui.

“Ini salah satu upaya kita untuk mengedukasi masyarakat, agar memiliki kemampuan atau mengetahui bagaimana cara penanganan tanggap darurat bencana alam tsunami”.singkatnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan, dimana sehari sebelumnya di lakukan pembekalan pemberian materi-materi, di aula Makodim 1709/YAWA. Rabu (25/11/2020).

Sementara itu, salah satu warga Kampung Serui Laut Ely, menganggap bahwa, kegiatan ini sangat baik sekali agar warga tidak mudah panik cepat panik dan dalam mengetahui bagaimana cara dalam menghadapi bencana.

“kami sangat senang, warga dapat mengetahui langkah-langkah apa yang harus di lakukan dalam menghadapi bencana tsunami, apalagi saat menolong warga yang tenggelam,”tutupnya.(Herman Betta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here