Tampak banjir di Kampung Sangke, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. (Foto: Istimewa)
Tampak banjir di Kampung Sangke, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. (Foto: Istimewa)

Paraparatv.id, Keerom, – Puluhan rumah terendam air akibat banjir kiriman dari Negara Tetangga Papua New Gunea (PNG), setelah hujan deras mengguyur wilayah perbatasan antara Negara Republik Indonesia (RI) dan PNG, Minggu (1/11/2020) pagi.

Banjir kiriman tersebut dari kali Sangke Negara PNG yang meluap ke Kampung Sangke, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Pdt. Stevani Waroi salah satu warga saat di hubungi melalui telepon selulernya membenarkan kejadian tersebut, ia menyampaikan akibat banjir kiriman dari PNG membuat belasan kepala Keluarga terkena dampak, akibat genangan air mempai 1 meter sehingga aktifitas warga di kampung tersebut lumpuh total.

“Kurang lebih ada 13 kepala keluarga terkena dampak banjir kiriman tersebut, itu ada kali di belakang kampung turun dari PNG, bukan hujan di kampung sini tapi di PNG dan airnya mengalir ke kampung sini ” kata Pdt. Stevani.

Banjir tak hanya merendam Kampung Sangke melainkan kampung tetangga lainnya di Kabutpaten Keerom. Namun, ia belum memastikan berapa kampung yang terdampak banjir.

“Banjir bukan di kampung sini saja, tapi semua kampung di sekitar sini, hujan dari PNG banjirnya masuk di kampung air sampai sore ini sudah mulai surut sedikit,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ternak warga, tanaman pertanian, Gereja dan Sekolah di wilayah tersebut ikut terendam.

Hingga berita ini di muat, belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah setempat terhadap warga sekitar yang terkena dampak banjir kiriman dari Negara tetangga tersebut. (Nees)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here